KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN REGULER 87 DIVISI I.D.1 TAHUN AKADEMIK 2021

Nur Ajeng Safitri, Amalia (2021) KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN REGULER 87 DIVISI I.D.1 TAHUN AKADEMIK 2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_I.D.1_REGULER 87.pdf] Text
JUDUL_I.D.1_REGULER 87.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_I.D.1_REGULER 87.pdf] Text
ISI LAPORAN_I.D.1_REGULER 87.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran serta peningkatan literasi dan numerasi di Sekolah Dasar di berbagai Desa/Kota, salah satunya adalah di SD Negeri Rogoyudan yang bertempat di Desa Kragilan, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta. Pada program ini, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggungjawab dalam membantu pihak sekolah pada proses mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi. Selain itu, mahasiswa memiliki tanggungjawab dalam memperbaiki karakter peserta didik dan meningkatkan minat belajar peserta didik selama masa pandemi Covid-19.
Program ini diharapkan mampu menjadi ajang penanaman empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan masyarakat yang ada disekitarnya, mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja sama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi, mengembangkan wawasan, karakter, dan soft skilsl mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.
Secara keseluruhan, Program Kampus Mengajar yang telah selesai dijalankan di SD Negeri Rogoyudan berjalan sesuai perencanaan. Program-program tertuju, yaitu membantu mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah telah terlaksana dengan baik. Selain itu, program-program lain baik itu program sekolah ataupun mahasiswa juga terlaksana secara berkesinambungan dari awal hingga akhir Program Kampus Mengajar berjalan.
Kata Kunci: Kampus Mengajar, Adaptasi Literasi dan Numerasi, karakter Peserta didik, Minat Belajar Peserta didik

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Amalia Nur Ajeng Safitri
Date Deposited: 08 Jan 2022 02:13
Last Modified: 08 Jan 2022 02:13
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30227

Actions (login required)

View Item View Item