MAHASISWA MENGABDI, SISWA MENYERTAI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 87 DIVISI III.B.3 TAHUN AKADEMIK 2021/2022

Nur Sahadati, Dewi (2021) MAHASISWA MENGABDI, SISWA MENYERTAI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 87 DIVISI III.B.3 TAHUN AKADEMIK 2021/2022. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of MAHASISWA MENGABDI,SISWA MENYERTAI_III.B.3_REGULER 87.pdf] Text
MAHASISWA MENGABDI,SISWA MENYERTAI_III.B.3_REGULER 87.pdf

Download (674kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN KKN_III.B.3.REGULER 87..pdf] Text
ISI LAPORAN KKN_III.B.3.REGULER 87..pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Program Kampus Mengajar Angkatan 2 merupakan bagian dari kebijakan Merdeka-Belajar Kampus-Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Program ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada sekolah dasar yang terdampak pandemi, sehingga tidak mampu mengadakan proses belajar-mengajar dengan efektif. Dengan memberdayakan mahasiswa sebagai pendamping guru di daerah sekolah dasar domisili mahasiswa tersebut, program ini diharapkan mampu membantu para guru dan kepala sekolah di sekolah dasar yang dituju dalam pelaksanaan kegiatan belajar - mengajar di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu sekolah dasar yang terpilih untuk program Kampus Mengajar Angkatan 2 adalah SD Negeri 1 Muruh yang terletak di Ngringin, Muruh, Gantiwarno, Kabupaten Klaten Jawa Tengah ini terdiri dari 5 kelas, 25 siswa laki-laki, 27 siswa perempuan dengan 7 guru beserta kepala sekolah. Pembelajaran di SD Negeri 1 Muruh ini selama program kampus mengajar dilaksanakan dengan cara tatap muka formal, sedangkan sebelumnya dilakukan secara online melalui grup whatsapp.

Rencana Kegaiatn yang akan mahasiswa laksanakan yaitu, Pendampinganan belajar peserta didik SD Negeri 1 Muruh, Membantu guru dalam mengajar danmengembangkan literasi serta numerasi peserta didik kelas III, Membantu guru dalam mengajar dan mengembangkan literasi serta numerasi peserta diidk kelas IV, Membantu guru dalam mengajar dan mengembangkan literasi serta numerasi peserta didik kelas V, Pembuatan apotik hidup, Pembuatan papan karya, Pembuatan karya seni/prakarya dari sampah plastik, Pembuatan dan penerapan media pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran, Sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), Penyuluhan sex education, Sosialisasi pengenalan dan pembuatan google form kepada guru SD Negeri 1 Muruh, Pengenalan aplikasi AKSI Sekolah dan platform online (Zoom & Google meet), Penayangan video pembelajaran dengan bantuan LCD kepada peserta didik kelas IV, Pemeliharaan serta pendataan buku-buku perpustakaan SD Negeri1 Muruh, Pengadaan tempat sampah untuk SD Negeri 1 Muruh, Pengadaan Jum’at bersih, Jum’at sehat, Membantu dalam pengawasan serta pengoreksian pelaksanaan kegiatan Ujian Sekolah peserta didik kelas VI dan Penilaian Akhir Semester (PAS) SD Negeri 1 Muruh, Melakukan pengajaran pendidikan agama islam.

Setelah kegiatan berakhir mahasiswa mendapatkan peserta didik yang menunjukan kesungguhannya dalam mengikuti pembelajaran serta mahasiswa menemukan beberapa hal seperti peserta diidk yang sebelumnya belum bisa membaca sekarang sudah mulai bisa membaca, beberapa peserta diidk yang tidak suka membaca dan menghitung sekarang peserta didik suka membaca dan menghitung. Mahasiswa pula menemukan metode pembelajaran yang tepat diterapkan di kelas 3 ,4, 5, dan 6.

Hasil dari adaptasi teknologi yaitu para guru SD Negeri 1 Muruh yang sebelumnya belum mengenal google meet, zoom, google form sekarang sudah mulai bisa menggunakannnya walaupun masih perlu bimbingan lagi. Peserta didik kelas 4 menyukai kegiatan mahasiswa yaitu berupa penayangan video pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar tidak bosan dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Selanjutnya hasil mahasiswa dalam membantu administrasi sekolah yaitu berupa perpustakaan yang bisa digunakan lagi sebagai tempat membaca, sebelumnya perpustakaan yang ada di SD Negeri 1 Muruh dipakai untuk menyimpan barang-barang bekas layaknya gudang, mendata buku-buku sesuai dengan daftar invetaris sekolah, pengadaan tempat sampah dan tanaman apotik hidup untuk sekolah, memperbaharui data nama guru SD Negeri 1 Muruh.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Dewi Masitoh Nur Sahadati
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:26
Last Modified: 28 Dec 2021 06:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30309

Actions (login required)

View Item View Item