KULIAH KERJA NYATA REGULER KAMPUS MENGAJAR 2 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode Ke-87 DIVISI II.A.3 Tahun Akademik 2021/2022

Iswara, Lathifah (2021) KULIAH KERJA NYATA REGULER KAMPUS MENGAJAR 2 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode Ke-87 DIVISI II.A.3 Tahun Akademik 2021/2022. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_II.A.3_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf] Text
JUDUL_II.A.3_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_II.A.3_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf] Text
ISI LAPORAN_II.A.3_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mutu pendidikan harus berjalan beriringan dengan setiap fase kehidupan yang terus berubah, salah satunya adalah sistem pendidikan yang mengalami perubahan ke arah yang lebih baik, untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berubah. Kampus merdeka merupakan perpanjangan dari program merdeka belajar yang masih hangat diperbincangkan di bidang Pendidikan. Kebijakan kampus merdeka memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengikuti program-program yang diberikan dalam jangka waktu selama satu semester untuk mencari pengalaman diluar kampus. Kampus Mengajar sebagai salah satu bagian dari program Kampus Merdeka menempatkan mahasiswa di SD/SMP yang sudah ditentukan oleh Kemendikbud sesuai dengan domisili, sekolah yang berakreditasi minimal B terutama sekolah yang berada di daerah 3T di seluruh wilayah Indonesia.
Program kerja yang telah dilaksanakan di SD Negeri 6 Jimbung antara lain membantu mengajar di kelas 1 sampai 6, membantu meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik, membantu bapak/ibu guru dalam meningkatkan adaptasi teknologi, dan membantu dalam bidang administrasi sekolah ataupun guru. Kegiatan mengajar di kelas disesuaikan dengan mata pelajaran yang sudah dijadwalkan; kegiatan literasi dan numerasi dilakukan diluar jam sekolah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk siswa-siswi; adaptasi teknologi untuk siswa dilakukan dengan membuat program kerja berupa pelatihan mengoperasikan komputer; sedangkan pada kegiatan administrasi sekolah dilakukan seperti membantu bapak/ibu guru dalam aset sekolah dan membantu terkait klasifikasi administrasi sekolah; dan untuk administrasi guru dilakukan dengan membantu membuat media pembelajaran secara menarik dan kreatif. Dengan adanya program kampus mengajar siswa mengalami banyak kemajuan, bagaimana siswa menjadi lebih kritis, selalu ingin tahu, dan kemauan untuk masuk sekolah sangat tinggi.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: LATHIFAH ISWARA
Date Deposited: 31 Dec 2021 03:31
Last Modified: 31 Dec 2021 03:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30310

Actions (login required)

View Item View Item