KULIAH KERJA NYATA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR, PENGUATAN MUTU PENDIDIKAN : LITERASI NUMERASI, ADMINISTRASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SD NEGERI 1 SEKARSULI BANTUL

Nurindahsari, Retna (2021) KULIAH KERJA NYATA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR, PENGUATAN MUTU PENDIDIKAN : LITERASI NUMERASI, ADMINISTRASI, DAN ADAPTASI TEKNOLOGI DI SD NEGERI 1 SEKARSULI BANTUL. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2_IV.A.2_REGULER 87.pdf] Text
PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2_IV.A.2_REGULER 87.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_IV.A.2_REGULER 87.pdf] Text
ISI LAPORAN_IV.A.2_REGULER 87.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kampus mengajar merupakan kegiatan mengajar di sekolah yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Tujuan diselenggarakannya Kampus Mengajar diantaranya pertama, untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguat pembelajaran literasi dan numerasi. Kedua, membantu pembelajaran di masa pandemi, terutama untuk SD di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Ketiga, sebagai bentuk ajakan Menteri Pendidikan dan Budaya kepada mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk beraksi, berkolaborasi, berkreasi dalam suatu kegiatan yang dilakukan selama 20 minggu untuk melaksanakan program Kampus Mengajar. Dalam kegiatan ini mahasiswa membantu guru dalam mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi guru maupun guru.
Hasil dari program Kampus Mengajar ini memberikan banyak manfaat diantaranya membantu guru di sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, mengasah mahasiswa dalam berjiwa kepemimpinan, kematangan emosional, dan kepekaan yang ada dalam lingkungan sekolah maupun sosial, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pendidikan nasional.

Kata Kunci: Kampus Mengajar, merdeka belajar, belajar

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: RETNA NURINDAHSARI
Date Deposited: 30 Dec 2021 01:28
Last Modified: 30 Dec 2021 01:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30341

Actions (login required)

View Item View Item