Laporan Akhir Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Di SD Muhammadiyah Pleret, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta DIVISI IV.B.1 TAHUN 2021

Nurwita Sekar Suci, Siti (2021) Laporan Akhir Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Di SD Muhammadiyah Pleret, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta DIVISI IV.B.1 TAHUN 2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_IV.B.1_REGULER 87.pdf] Text
JUDUL_IV.B.1_REGULER 87.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN KKN_IV.B.1_REGULER 87.pdf] Text
ISI LAPORAN KKN_IV.B.1_REGULER 87.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan banyak dampak buruk pada berbagai sektor kehidupan masyarakat, salah satunya adalah sektor pendidikan. Pemerintah mengambil kebijakan agar sistem pembelajaran dilakukan dengan sistem daring (online). Salah satu dampak yang ditetapkan dan dilaksanakan pada bidang pendidikan di indonesia dilakukan dengan sistem daring (online). Sistem daring merupakan sebuah sistem kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanpa melalui tatap muka secara langsung melainkan melalui teknologi dengan sistem jaringan internet sehingga teknologi berperan penting untuk mendukung sistem daring. SD Muhammadiyah Pleret merupakan salah satu sekolah dasar terdaftar di Data Pokok Pendidikan yang masih memiliki akreditasi B dan dengan segala keterbatasan pembelajaran daring dan sebagian pembelajaran luring tetap dilakukan. Program Kampus Mengajar Angkatan 2 yang dikeluarkan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menjadi salah satu solusi yang bertujuan sebagai akselerasi pendidikan tingkat sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Program kampus mengajar adalah salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran serta peningkatan literasi dan numerasi di Sekolah Dasar di berbagai Desa/Kota, salah satunya adalah di SD Muhammadiyah Pleret yang bertempat di Pedukuhan IX Pleret, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dimulai pada tanggal 2 Agustus sampai 18 Desember 2021. Terdapat enam mahasiswa dari berbagai universitas yang terpilih menjadi salah satu yang mengikuti program kampus mengajar dan ditempatkan di SD Muhammadiyah Pleret yang sesuai domisili terdekat. Program utama yang dilakukan yaitu membantu proses belajar mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Siti Nurwita Sekar Suci
Date Deposited: 30 Dec 2021 01:31
Last Modified: 30 Dec 2021 01:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30364

Actions (login required)

View Item View Item