ANALISIS PENGENDALIAN MUTU BAHAN BAKU TEH HITAM di UNIT PRODUKSI PAGILARAN, PT. PAGILARAN KAB. BATANG, JAWA TENGAH

Kharisma, Kharisma (2020) ANALISIS PENGENDALIAN MUTU BAHAN BAKU TEH HITAM di UNIT PRODUKSI PAGILARAN, PT. PAGILARAN KAB. BATANG, JAWA TENGAH. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1711033035_KHARISMA_ANALISIS PENGENDALIAN MUTU BAHAN BAKU TEH HITAM di UNIT PRODUKSI PAGILARAN, PT. PAGILARAN KAB. BATANG, JAWA TENGAH_LAPORAN] Text (KP_1711033035_KHARISMA_ANALISIS PENGENDALIAN MUTU BAHAN BAKU TEH HITAM di UNIT PRODUKSI PAGILARAN, PT. PAGILARAN KAB. BATANG, JAWA TENGAH_LAPORAN)
KP_1711033035_KHARISMA_ANALISIS PENGENDALIAN MUTU BAHAN BAKU TEH HITAM di UNIT PRODUKSI PAGILARAN, PT. PAGILARAN KAB. BATANG, JAWA TENGAH_LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only until 18 November 2022.

Download (2MB)

Abstract

Teh merupakan bahan minuman yang sangat digemari hampir semua kalangan masyarakat di Indonesia dan diseluruh dunia setelah air. Dengan perkembangannya keberbagai belahan dunia, teh telah menjadi bagian yang menyatu dengan tradisi setempat. Teh merupakan functional food mengingat khasiat dan potensi yang terkandung dalam teh dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan merupakan sumber zat gizi. Diantara beberapa senyawa kimia yang paling besar peranannya dalam pembentukan cita rasa dan berbagai khasiat istimewa teh adalah katekin. Selama magang diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang digunakan teh hitam digunakan PT. Pagilaran adalah sistem orthodox rotorvane, dimana hasil teh kering yang dihasilkan mempunyai partikel yang kecil. Proses pengolahan teh di PT. Pagilaran meliputi penyediaan bahan baku, pelayuan, penggilingan (sortasi basah), fermentasi (oksidasi enzimatis), pengeringan, sortasi kering, dan pengemasan. Setiap tahap proses pengolahan sudah memenuhi standar kondisi pengolahan dan ditunjang penggunaan mesin-mesin yang cukup memadai. Pengujian teh hitam di PT. Pagilaran yaitu uji organoleptik, uji densitas, dan uji kadar air. Produk teh yang dihasilkan oleh PT. Pagilaran terdiri dari : Mutu I (first grade) : BOP, BOPF, PF, DUST, BT I, FI, dan BP serta Mutu II (second grade): BOP II, PF II, DUST II, BT II, FII, BP II, BOHEA.
Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan produk teh hitam berkualitas rendah di Unit Produksi Pagilaran. Data yang digunakan data primer dan data sekunder. Data dianalisis menggunakan lembar pengecekan; diagram pareto; peta kendali p; diagram sebab akibat. Hasil penelitian diperoleh proporsi produk teh hitam yang memiliki kualitas rendah termasuk pada kategori cukup tinggi, pengendalian kualitas produk teh hitam pada Unit Produksi Pagilaran berada diluar batas kendali. Faktor – faktor yang menyebabkan produk teh hitam memiliki kualitas rendah di Unit Produksi Pagilaran ialah faktor bahan baku, mesin, tenaga kerja, dan lingkungan.

Kata kunci : Pengolahan, Ortodox rotorvane, Teh Hitam, Mutu

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: S.T.P Kharisma
Date Deposited: 30 Dec 2021 01:14
Last Modified: 30 Dec 2021 01:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30373

Actions (login required)

View Item View Item