Laporan Akhir Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Pogram Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi Sekolah Di SD Negeri 006 Seko Lubuk Tigo, Provinsi Riau Divisi IV Kelompok B Unit 1 Periode 87 Tahun 2021

Pramia Lestari, Syahrani (2021) Laporan Akhir Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Pogram Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi Sekolah Di SD Negeri 006 Seko Lubuk Tigo, Provinsi Riau Divisi IV Kelompok B Unit 1 Periode 87 Tahun 2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL KKN_IV.B.1_KKN PERIODE 87 KMII.pdf] Text
JUDUL KKN_IV.B.1_KKN PERIODE 87 KMII.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_IV.B.1_KKN PERIODE 87 KMII.pdf] Text
ISI LAPORAN_IV.B.1_KKN PERIODE 87 KMII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Program Merdekan Belajar Kampus Mengajar (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud. Program Kampus Mengajar saat ini adalah angkatan ke-2 tahun 2021 yang ditugaskan untuk mengajar literasi dan numerasi, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah dan guru. Salah satu sekolah yang menjadi tempat Kampus Mengajar penugasan tim saya adalah SD Negeri 006 Seko Lubuk Tigo yang terletak di Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Mahasiswa yang ditempatkan pada sekolah ini berjumlah 6 orang yang berasal dari Universitas dan Fakultas yang berbeda-beda tetapi memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki perilaku dan minat belajar siswa yang rendah.
Kegiatan ini dimulai pada tanggal 2 Agustus 2021 sampai 17 Desember 2021. Adapun metode pembelajaran yang diterapkan yaitu secara daring yang menggunakan sebuah aplikasi WhatsApp dan luring dengan membantu mengajarkan literasi dan numerasi yang tetap mematuhi sesuai protokol kesehatan. Sumber pembelajaran menggunakan buku paket tematik dan video pembelajaran. Hasil dari program Kampus Mengajar ini yaitu sebagai proses dalam menambah relasi, menambah pengalaman si luar dunia perkuliahan, mengembangkan wawasan, karakter, dan soft skill mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional.

Kata Kunci : Kampus Mengajar, Pandemi Covid-19, SD Negeri 006 Seko Lubuk Tigo

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Chemical Engineering (S1-Teknik Kimia)
Depositing User: Syahrani Lestari
Date Deposited: 30 Dec 2021 16:51
Last Modified: 30 Dec 2021 16:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30396

Actions (login required)

View Item View Item