KULIAH KERJA NYATA PROGRAM PENDAMPINGAN LITERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, ADMINISTRASI di SD Negeri Krasak 2 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2 DIVISI III.A.1 Tahun Akademik 2020/2021

Huda, Ahmat Miftakul (2021) KULIAH KERJA NYATA PROGRAM PENDAMPINGAN LITERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, ADMINISTRASI di SD Negeri Krasak 2 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2 DIVISI III.A.1 Tahun Akademik 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_III.A.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf] Text
JUDUL_III.A.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_III.A.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf] Text
ISI LAPORAN_III.A.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang terdampak pandemi, sehingga tidak mampu mengadakan proses pembelajaran dengan efektif. Dengan memberdayakan mahasiswa sebagai pendamping guru di daerah yang disesuaikan dengan domisili mahasiswa tersebut, program ini diharapkan mampu membantu para guru dan kepala sekolah di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang dituju dalam pelaksanaan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Program Kampus Mengajar dianggap mampu memberikan manfaat berupa simbiosis mutualisme yang terjadi antara pihak sekolah dengan mahasiswa. Menurut Kemendikbud, dengan mengikuti program ini, mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengasah kemampuan interpersonal sekaligus mendapatkan pengalaman mengajar. Selain itu, semua siswa mendapat kesempatan untuk berinteraksi dan terinspirasi oleh mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar selama 5 bulan dimulai sejak tanggal 02 Agustus 2021 – 18 Desember 2021. Mahasiswa diharapkan mampu membantu proses pembelajaran lebih efektif sekaligus meningkatkan literasi masyarakat terhadap pentingnya protokol kesehatan di tengah pandemi. Program ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Sekitar 22.000 mahasiswa yang diterima dan mengikuti program Kampus Mengajar ini, diantaranya yaitu 6 mahasiswa yang ditugaskan di SD Negeri Krasak 2, Salaman, Magelang, mereka berasal dari berbagai latar belakang program studi dan universitas yang menjadi bagian dari program ini. Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi awal, pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi, koordinasi dengan kepala sekolah, konsultasi dengan guru pamong, bantuan administrasi sekolah, pengoptimalan adaptasi teknologi dalam pembelajaran. Sehingga mahasiswa benar-benar dibekali dengan kemampuan praktik menjadi seorang guru yang handal dan profesional serta memiliki kompetensi sebagai guru yang sesuai.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Ahmat Miftakul Huda
Date Deposited: 30 Dec 2021 22:43
Last Modified: 30 Dec 2021 22:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30456

Actions (login required)

View Item View Item