KULIAH KERJA NYATA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKAAN II UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode LXXXVII DIVISI IV.A.I Tahun Akademi 2021/2022

Agustina, Maharani Rosi (2020) KULIAH KERJA NYATA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKAAN II UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode LXXXVII DIVISI IV.A.I Tahun Akademi 2021/2022. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_IV.A.I_REGULAR 87.pdf] Text
JUDUL_IV.A.I_REGULAR 87.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_IV.A.I_REGULER 87_compressed.pdf] Text
ISI LAPORAN_IV.A.I_REGULER 87_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Program Kampus Mengajar yang merupakan wujud dari Program Merdeka Belajar yang yang dibangun berdasarkan pada tujuan untuk memberikan bantuan pemberian pembelajaran literasi dan numerasi, adaptasi teknologi serta dapat mengembangkan bantuan administrasi kepada sekolah. Jenjang pendidikan dasar yang dipilih menjadi acuan untuk proses pelaksanaan kegiatan program kampus mengajar. Kegiatan ini menjadi jawaban atas dampak yang terjadi pada dunia pendidikan tentang penyebaran pandemic covid-19 yang membuat sekolah untuk beberapa bulan dilaksanakan secara jauh dan dirumah saja demi mutus mata rantai penyebaran virus. Melalui kekhawatiran ini maka mahasiswa diterjunkan untuk melakukan proses pendampingan terhadap kegiatan pembelajaran. Aspek pembelajaran yang harus dipelajari dan diajarkan pada sekolah dasar adalah pembelajaran literasi, numerasi, adaptasi teknologi dan membantu berjalannya proses administrasi sekolah. Sehingga kami mengadakan berbagai program seperti merapikan perpustakaan, menggambar mural di UKS, membuat hiasan kelas, membuat video profil sekolah, home visit untuk penguatan literasi dan numerasi, melakukan pembelajaran STEAM, serta membantu kegiatan pembelajaran di dalam kelas untuk siswa yang perlu didampingi. Hasil dari sebagain kegiatan tersebut menunjukkan adanya respons positif dari pihak sekolah, guru, siswa, maupun orang tua siswa.
Kata Kunci : Kampus Merdeka, Kampus Mengajar, Proses Pembelajaran Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi dan Administrasi Sekolah

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Maharani Rosi Agustina
Date Deposited: 31 Dec 2021 02:00
Last Modified: 31 Dec 2021 02:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30471

Actions (login required)

View Item View Item