KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR 2 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN DIVISI II.B.1 REEGULER 87 TAHUN AKADEMIK 2021-2022

Muhlisin, Rizkon (2021) KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR 2 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN DIVISI II.B.1 REEGULER 87 TAHUN AKADEMIK 2021-2022. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_II.B.1_REGULER 87.pdf] Text
JUDUL_II.B.1_REGULER 87.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_II.B.1_REGULER 87.pdf] Text
ISI LAPORAN_II.B.1_REGULER 87.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Laporan Akhir Program Kampus Mengajar Angkatan 2 SDN 2 Sidamulih Dusun Karang Cingkrang, Desa Mekarmulya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Mengajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karir di masa depan. Program Kampus Mengajar merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa asistensi mengajar untuk memperdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar di berbagai desa/kota di daerah 3T atau yang memerlukan bantuan karena kurangnya tenaga mengajar, salah satunya adalah SDN 2 Sidamulih Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tujuan dari Program KM 2 ini adalah mahasiswa yang terlibat memiliki tanggungjawab dalam membantu pihak sekolah pada proses mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah. Mahasiswa memiliki tanggungjawab dalam memperbaiki karakter siswa dan meningkatkan minat belajar siswa selama proses pelaksanaan Program KM 2 di Sekolah. Kampus Mengajar Angkatan 2 dilaksanakan kurang lebih 5 bulan. Hasil dari program ini adalah sebagai bentuk mengasah keterampilan berpikir dan penyesuaian dalam bekerja bersama lintas bidang ilmu dan raga masal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi; mengembangkan wawasan, karakter dan Soft Skills mahasiswa; mendorong dan memacu perkembangan pembelajaran sekolah dalam bidang literasi numerasi, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah; serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam perkembangan pendidikan.

Kata Kunci: Kampus mengajar, literasi, numerasi, adaptasi teknologi, administrasi sekolah

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Rizkon Muhlisin
Date Deposited: 31 Dec 2021 04:01
Last Modified: 31 Dec 2021 04:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30530

Actions (login required)

View Item View Item