Mahasiswa Kampus Mengajar sebagai Duta Program Merdeka Belajar dalam Pelaksanaannya di SMP Negeri 13 Yogyakarta

Wijayanti, Citra Putri (2021) Mahasiswa Kampus Mengajar sebagai Duta Program Merdeka Belajar dalam Pelaksanaannya di SMP Negeri 13 Yogyakarta. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_I.B.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR II.pdf] Text
JUDUL_I.B.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR II.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_I.B.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR II.pdf] Text
ISI LAPORAN_I.B.1_REGULER 87 KAMPUS MENGAJAR II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kampus Mengajar sebagai bagian dari kebijakan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Rebuplik Indonesia sejak tahun 2020 bertujuan agar mahasiswa mampu membantu pemerataan pendidikan dan menyukseskan pendidikan nasional, terlebih akibat munculnya pandemi COVID-19. Pengintegrasian pembelajaran yang literat dan numerat serta pemanfaatan teknologi secara maksimal perlu dihadirkan dalam kegiatan belajar mengajar secara bebas dan merdeka, salah satunya sebagai sebuah strategi menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2022. Hal inilah yang dilaksanakan oleh tim Kampus Mengajar Angkatan 2 dengan SMP Negeri 13 Yogyakarta sebagai sekolah sasaran. Di samping itu, mahasiswa juga menciptakan Pojok Baca GALASTA sebagai upaya pengeskalasian minat baca peserta didik dan mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMP Negeri 13 Yogyakarta. Pelaksanaan Kampus Mengajar ini bukan hanya berdampak baik bagi peserta didik, melainkan juga memberikan manfaat bagi pengembangan kemampuan dan keterampilan guru serta tenaga administrasi sekolah melalui berbagai program dan kegiatan yang diselenggarakan oleh tim Kampus Mengajar. Melalui pemaparan pada laporan akhir ini, diharapkan pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 2 di SMP Negeri 13 Yogyakarta dapat dideskripsikan secara menyuluruh dan menjadi gambaran bagi pembaca program Kampus Mengajar.

Kata kunci: kampus mengajar, literasi, merdeka belajar, numerasi, pembelajaran

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: CITRA PUTRI WIJAYANTI
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:32
Last Modified: 04 Jan 2022 04:32
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30813

Actions (login required)

View Item View Item