Pendampingan Pembelajaran Tatap Muka Serta Program Literasi Numerasi Di SD Sinar Indonesia

Chodijah, Nurul (2021) Pendampingan Pembelajaran Tatap Muka Serta Program Literasi Numerasi Di SD Sinar Indonesia. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of Pendampingan Pembelajaran Tatap Muka Serta Program Literasi Numerasi di SD Sinar Indonesia_I.C.1_Regular 87.pdf] Text
Pendampingan Pembelajaran Tatap Muka Serta Program Literasi Numerasi di SD Sinar Indonesia_I.C.1_Regular 87.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_I.C.1_Regular 87.pdf] Text
ISI LAPORAN_I.C.1_Regular 87.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselanggarakan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program ini digelar dalam rangka membekali mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan dan keahlian dengan menjadi partner guru dan sekolah dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran, sehingga berdampak pada penguatan literasi dan numerasi. Tidak hanya berfokus pada literasi dan numerasi, melainkan kegiatan yang membantu pihak sekolah pada proses mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi terutama sekolah-sekolah di daerah 3T (Tertinggal, Terbelakang, Terluar).
Program Kampus Mengajar ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi sekolah- sekolah yang terdampak pandemi dengan memberdayakan para mahasiswa yang berdomisili di sekitar wilayah sekolah untuk membantu para guru dan kepala sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Pelaksanaan program Kampus Mengajar dilakukan di beberapa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, salah satunya SD Sinar Indonesia Kota Bogor, Jawa Barat. Pada program ini, mahasiswa yang terlibat memiliki tanggung jawab dalam membantu kegiatan di sekolah, seperti mengajar, membantu adaptasi teknologi, meningkatkan numerasi dan literasi, serta membantu kegiatan administrasi. Selain itu, mahasiswa bertanggung jawab dalam memperbaiki karakter siswa, meningkatkan minat belajar dan motivasi belajar siswa selama masa pandemi ini.
Kata Kunci : Kampus Mengajar, Pandemi Covid-19, SD Sinar Indonesia

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Nurul Chodijah
Date Deposited: 07 Jan 2022 01:56
Last Modified: 07 Jan 2022 01:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/30999

Actions (login required)

View Item View Item