Monograf Desain dan Implementasi Media Pembelajaran Simulasi Komputer Watak Dinamis Motor Induksi Tiga Fase

Muchlas (2021) Monograf Desain dan Implementasi Media Pembelajaran Simulasi Komputer Watak Dinamis Motor Induksi Tiga Fase. Nomor Pencatatan Hak Cipta: 000301245. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

[thumbnail of Monograf Desain dan Implementasi_sertifikat_EC00202179246.pdf] Text
Monograf Desain dan Implementasi_sertifikat_EC00202179246.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran mesin listrik khususnya motor induksi berdaya besar sering menghadapi kendala teknis. Selain memerlukan dana besar dalam pengadaannya, penggunaan mesin induksi tiga fase dengan catu daya langsung dapat menimbulkan efek kedip pada saat start-up. Keadaan ini dapat mengganggu operasi peralatan listrik yang terpasang pada power line yang sama, dan pada saat bersamaan dapat merusak kumparan mesin. Pengalaman pembelajaran di berbagai perguruan tinggi teknik selama masa pandemi Covid-19 berlangsung telah meneguhkan pentingnya penyediaan media pembelajaran virtual yang dapat menggantikan aktivitas-aktivitas hands-on. Penelitian dalam monograf ini didorong oleh
keinginan untuk mewujudkan media pembelajaran yang efisien, aman, dan fleksibel serta dapat menirukan watak motor induksi tiga fase berbentuk simulasi komputer berbasis pemrograman Matlab.
Studi ini menyajikan secara lengkap proses pengembangan produk, dimulai dari uraian tentang model-model motor induksi tiga fase, teknik simulasi berbasis Matlab untuk mesin tiga fase, sampai dengan implementasinya sebagai media pembelajaran. Pada bagian akhir, kajian ini menyajikan hasil uji kinerja dan informasi pedagogis tentang persepsi calon pengguna mahasiswa terhadap produk yang dikembangkan.
Produk yang dihasilkan pada kajian ini dapat dimanfaatkan oleh dosen maupun guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sebagai salah satu perangkat lunak alternatif, melengkapi perangkat serupa berbasis pemrograman SIMULINK. Melalui produk ini, diharapkan pemberian latihan keterampilan di lingkunan pendidikan teknik tetap dapat dilaksanakan di tengah-tengah situasi pandemi atau tantangan lainnya yang menuntut pembelajaran dilaksanakan dengan dukungan media-media virtual.

Item Type: Patent
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Vokasi
Depositing User: Dr. Muchlas , M.T.
Date Deposited: 05 Jan 2022 10:10
Last Modified: 05 Jan 2022 10:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/31067

Actions (login required)

View Item View Item