Laporan Program Kampus Mengajar Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD N 6 Jimbung

Ikhsan, Aulia and Iswara, Lathifah and Khasanah, Uswatun (2021) Laporan Program Kampus Mengajar Program Pendampingan Literasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi di SD N 6 Jimbung. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_III.A.3_REGULER 87.pdf] Text
JUDUL_III.A.3_REGULER 87.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_III.A.3_REGULER 87-dikonversi (2).pdf] Text
ISI LAPORAN_III.A.3_REGULER 87-dikonversi (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Jika melihat keadaan pada masa sekarang, dimana saat ini telah semakin
berubah dengan arus globalisasi, dan kemajuan teknologi yang semakin meninggi. Oleh
karenanya dalam hal ini pendidikan tak boleh ketinggalan, mutu pendidikan di
Indonesia harus berjalan beriringan dengan setiap fase kehidupan yang terus berubah,
yakni salah satunya adalah sistem pendidikan yang mengalami perubahan ke arah yang
lebih baik, untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam menghadapi tantangan zaman
yang terus berubah. Kampus merdeka merupakan perpanjangan dari program merdeka
belajar yang masih hangat diperbincangkan di bidang pendidikan, kebijakan kampus
merdeka memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengikuti program-program
yang diberikan dalam jangka waktu selama satu semester untuk mencari pengalaman
diluar kampus. Nantinya mahasiswa tersebut akan ditempatkan di SD/SMP yang sudah
ditentukan oleh Kemendikbud sesuai dengan domisili, sekolah yang berakreditasi
minimal B atau bahkan di utamakan sekolah yang berada di daerah 3T di seluruh
wilayah Indonesia.
Program kerja yang telah dilaksanakan di SD Negeri 6 Jimbung antara lain
membantu mengajar di kelas 1 sampai 6, membantu meningkatkan literasi dan
numerasi peserta didik, membantu bapak/ibu guru dalam meningkatkan adaptasi
teknologi, dan membantu dalam bidang administrasi sekolah ataupun guru. Kegiatan
mengajar di kelas disesuaikan dengan mata pelajaran yang sudah dijadwalkan; kegiatan
literasi dan numerasi dilakukan diluar jam sekolah dengan menggunakan media
pembelajaran yang menarik untuk siswa-siswi; adaptasi teknologi untuk siswa
dilakukan dengan membuat program kerja berupa pelatihan mengoperasikan komputer
seperti cara menghidupkan komputer, cara memegang mouse dengan benar, mengetik,
dan menyimpak dokumen; sedangkan pada kegiatan administrasi sekolah dilakukan
seperti membantu bapak/ibu guru dalam aset sekolah dan membantu terkait klasifikasi
administrasi sekolah; dan untuk administrasi guru dilakukan dengan membantu
membuat media pembelajaran secara menarik dan kreatif.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-English Education (S1-Pendidikan Bahasa Inggris)
Depositing User: Aulia Ikhsan
Date Deposited: 14 Jan 2022 01:43
Last Modified: 14 Jan 2022 01:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/31519

Actions (login required)

View Item View Item