PeerRev_Pelatihan ''great mom great children'' pada Ibu muda jalanan dalam meningkatkan ketrampilan stimulasi perkembangan anak

Tentama, Fatwa (2021) PeerRev_Pelatihan ''great mom great children'' pada Ibu muda jalanan dalam meningkatkan ketrampilan stimulasi perkembangan anak. Program Studi PG PAUD FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

[thumbnail of PeerRev - Pelatihan Great Mom Great Children.pdf] Text
PeerRev - Pelatihan Great Mom Great Children.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak jalanan perempuan yang memiliki anak di usia muda kurang memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menstimulasi perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan ketrampilan stimulasi perkembangan pada ibu-ibu muda jalanan dengan memberikan perlakuan berupa pelatihan “Great Mom Great Children”. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu merupakan anak jalanan yang tinggal di Yogyakarta, ibu muda yang berusia kurang dari 18 tahun saat memiliki anak, ibu yang memiliki anak atas kehamilan yang tidak dikehendaki, ibu memiliki anak berusia 0-5 tahun (anak usia dini), dan ibu mengasuh anaknya sendiri secara langsung. Desain eksperimen yang digunakan adalah untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Alat pengumpulan data menggunakan Kuisioner Pra Skrinning Perkembangan (KPSP). Hasil Uji Wilcoxon untuk menguji perbedaan tingkat ketrampilan stimulasi ibu-ibu muda jalanan antara sebelum (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan anatara skor pretest dan postest. Hasil Uji Mann Whitney U-test diperoleh hasil rata-rata tingkat ketrampilan stimulasi kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa metode pelatihan “Great Mom Great Children” efektif dalam meningkatkan ketrampilan stimulasi perkembangan anak pada ibu-ibu muda jalanan.

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi)
Depositing User: Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si.
Date Deposited: 22 Jan 2022 01:08
Last Modified: 22 Jan 2022 01:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/31710

Actions (login required)

View Item View Item