KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 2 DIVISI II.C.1 REGULER 87 TAHUN 2020/2021

Andika, Reza and Ayu Lestari, Mardha and Ainun Rachmawati, Deva and Nikum Yulisasih, Baiq and Puspitajati Adikusuma, Melati (2021) KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 2 DIVISI II.C.1 REGULER 87 TAHUN 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN_DIVISI II.C.1_REGULER 87.pdf] Text
KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN_DIVISI II.C.1_REGULER 87.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN KKN_C.II.1_REGULER 87.pdf] Text
ISI LAPORAN KKN_C.II.1_REGULER 87.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia yang masih belum usai menjadi latar belakang diadakannya program Kampus Mengajar Angkatan Pertama oleh Kemendikbud RI. Program ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan para mahasiswa di seluruh Indonesia dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Waktu pelaksanaan program Kampus Mengajar adalah 20 minggu, dimulai dari tanggal 2 Agustus 2021 hingga 17 Desember 2021. Program Kampus Mengajar dilaksanakan oleh mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia yang ditempatkan di berbagai wilayah sesuai dengan domisili mereka masing-masing. Adapun penulis melaksanakan program Kampus Mengajar secara luring pada jam kerja sekolah di SD Negeri 1 Salakan yang berada di Kecamatan Banguntapan, Bantul Provinsi D.I.Yogyakarta. Capaian dari program Kampus Mengajar ini berupa Log Book, Laporan Mingguan, Laporan Awal, dan Laporan Akhir. Kegiatan yang kami lakukan dalam program Kampus Mengajar ini berupa membantu proses pembelajaran, adaptasi teknologi, serta membantu administrasi yang ada di sekolah. Selama menjalani program Kampus Mengajar terdapat beberapa hambatan namun dapat terselesaikan dengan baik dengan menggunakan metode belajaran sambil bermain dan beberapa kunjungan sehingga siswa tidak merasa jenuh dengan keadaan yang ada. Sehingga siswa merasa penasaran dengan pembelajaran selanjutnya karena mahasiswa mengusahakan membantu metode pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya di masa pandemi seperti saat ini. Keseluruhan kegiatan pada program Kampus Mengajar ini juga berjalan dengan baik.

Kata Kunci : Kampus Mengajar, Minat Belajar Siswa, Hambatan, Metode Mengajar.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Accounting (S1 Akuntansi)
Depositing User: Reza Andika
Date Deposited: 21 Jan 2022 00:24
Last Modified: 21 Jan 2022 00:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/31802

Actions (login required)

View Item View Item