INSTAGRAM SEBAGAl MEDIA EKSPRESI FOTOGRAFI MASA KINI

Wibowo, Arif Ardy (2015) INSTAGRAM SEBAGAl MEDIA EKSPRESI FOTOGRAFI MASA KINI. Harmoni, 5 (1). pp. 22-30. ISSN 2087-9865

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Jurnal Harmoni.pdf] Text
Jurnal Harmoni.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fotografi pada kemunculannya yaitu sekitar abad ke-19 sedikit banyak telah memperkaya serta mempengaruhi perkembangan seni visual, bertujuan untuk membantu dalam pembuatan kar ya seni rupa khususn ya pada karya seni lu kis. Media Fotografi difungsikan sebagai alat bantu dalam dunia seni lukis pada waktu dulu, namun kini media tersebut menjadi sebuah fenomen a baru yang hadir di dalam dunia seni. Seili ng berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi sed ikit banyak berpengaruh dalam dunia fotografi, hadir membawa banyak perubahan yang dinamakan dengan revolusi. Revolusi menjadikan sebuah fenomena baru pada fotografi hanya dengan menggunakan telepon seluler. Media ekspresi pada fotografi yang praktis akan mendorong siapa saja tanpa terkecuali menjadi lebih tanggap terhadap berbagai fenomena yang menarik, sehingga memerlukan media yang dapat menampungnya agar informasi yang diperoleh dapat tersalurkan pada khala yak masyarakat luas secara umum.
Jn st agram merupakan jejaring sosial se bagai media untuk mengunggah foto-foto yang diperoleh para fotografer, bertujuan agar hasil dari foto-foto mereka dapat diinfonn asikan dan dinikmati oleh pengguna Instagram lainnya pada fitur smartphone. Instagram adalah aplikasi untuk berbagi foto yang dapat dilihat oleh Followers (pengikut) dari pengunggah foto yang di dalarnnya dapat saling memberikan komentar antara sesama pengunanya. Dengan menggunakan jaringan internet, sehingga infonnasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat, hadir dengan format fotonya berbentuk persegi se hingga terlihat seperti hasil foto dari kamera Polaroid dan kodak lnstamatic. Disebut sebagai salah satu jejaring sosial pada tingkat papan teratas. Seni merupakan hasil dari pengekspresikan gejolak dari hati sang seniman yang mengebu-ngebu dan mengelora yang memberontak untuk diekspresikan melalui banyak media seni sebut saja pada fotografi sebagai sa rana ungkapan perasaan serta keeksistensi sang diri yang berjalan berdampingan dengan kreatifitas untuk menghasilkan makna tertentu, dengan melalui mengunakan Jns tagram yang menjadi salah satu indikasi jejaring sosial yang telah menjadi media ekspresi yang palin g popul er pada masyarakat dimasa kini.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Depositing User: Arif Ardy Wibowo
Date Deposited: 22 Jan 2022 01:17
Last Modified: 22 Jan 2022 01:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/31818

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item