Analisis Beban Mental dan Kelelahan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19

Bariyah, Choirul (2022) Analisis Beban Mental dan Kelelahan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. In: SNISTEK 4, 14 januari 2022, Batam (Online).

[thumbnail of Analisis Beban Mental dan Kelelahan Siswa dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19] Text (Analisis Beban Mental dan Kelelahan Siswa dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19)
Analisis Beban Mental dan Kelelahan Siswa dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19.pdf - Published Version

Download (330kB)

Abstract

Pembelajaran daring yang dilakukan selama masa pandemi Covid 19 menjadi pilihan pemerintah untuk tetap dapat memastikan bahwa proses pembelajaran di setiap jenjang pendidikan dapat tetap berjalan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa SMA Negeri 1 Torgamba, Labuanbatu, Sumatera Utara, diperoleh gambaran bahwa siswa mengalami kendala dalam mengikuti pembelajaran secara daring. Kendala yang ada meliputi jaringan internet, kesulitan memahami materi yang diajarkan, ketidaknyamanan lingkungan belajar. Sejumlah kesulitan tersebut memicu munculnya indikasi siswa mengalami kelelahan baik secara fisik maupun psikis. Keluhan yang dirasakan seperti perasaan lelah/penat,nyeri mata, bosan, bingung, mengantuk dan sakit kepala. Penelitian dilakukan untuk mengukur tingkat kelelahan dan beban mental siswa kelas XII. Tingkat kelelahan diukur dengan metode Swedish Occupational Fatigue Inventory (SOFI) dan beban mental diukur dengan National Aeronautics and Space Administration Task Load Index (NASA TLX). Berdasarkan hasil pengolahan data dengan SOFI diketahui bahwa dimensi kelelahan siswa selama pembelajaran daring paling tinggi adalah lack of Energy dengan skor 5,013 untuk kelas IPA dan 4,495 untuk kelas IPS. Beban mental siswa untuk masing-masing kelas memiliki proporsi terbesar adalah pada kategori sangat tinggi yaitu 75% untuk kelas IPA dan 52% untuk kelas IPS. Berdasarkan uji Mann Whitney diketahui bahwa ada perbedaan antara tingkat beban mental dan kelelahan siswa kelas IPA dan IPS.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: S.T., M.T. Choirul Bariyah
Date Deposited: 22 Jan 2022 01:18
Last Modified: 22 Jan 2022 01:18
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/31824

Actions (login required)

View Item View Item