Strategi meminimalkan beban kognitif eksternal dalam pembelajaran matematika berdasarkan load cognitive theory

Richardo, Rino and Cahdriyana, Rima Aksen (2021) Strategi meminimalkan beban kognitif eksternal dalam pembelajaran matematika berdasarkan load cognitive theory. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Peer Review Penulis Kedua] Text (Peer Review Penulis Kedua)
Peer Review - Cahdriyana - CLT Beban Kognitif.pdf

Download (1MB)

Abstract

Memahami objek, konsep, prosedur merupakan salah satu tujuan mempelajari pelajaran matematika disekolah. Muatan materi yang cendrung kompleks dengan elemen-elemen yang abstrak menjadi masalah bagi siswa sehingga memunculkan beban kognitif, diantaranya adalah beban kognitif eksternal. Tujuan dari penelitian ini untuk menunjukkan beberapa strategi yang perlu diperhatikan dalam mendesain pembelajaran matematika agar dapat meminimalkan beban kognitif eksternal. Penelitian ini berupa studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, dilakukan dengan melakukan penelusuran referensi secara online melalui beberapa sumber basis data Google Cendikia, ERIC Institute of Education Science, serta Science Direct. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil kajian dalam studi ini terdapat 8 strategi dalam mendesain pembelajaran matematika untuk meminimalkan beban kognitif eksternal diantaranya The Goal-Free Effect, The Worked Exampel Effect, The Split-Attention Effect, The Modality Effect, The Redundancy Effect, The Element Interactivity Effect, The Imagination Effect dan The Guidance Fading Effect.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Rima Aksen Cahdriyana
Date Deposited: 22 Jan 2022 01:26
Last Modified: 22 Jan 2022 01:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/31828

Actions (login required)

View Item View Item