Kesulitan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Cahdriyana, Rima Aksen (2021) Kesulitan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Peer Review Penulis Pertama] Text (Peer Review Penulis Pertama)
Peer Review - Cahdriyana - Kesulitan Metakognisi Siswa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 orang siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) Perintis Yogyakarta yang masing-masing memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Prosedur pemilihan subjek dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes penggolongan tipe gaya belajar, tes pemecahan masalah matematika, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual dan auditori mengalami kesulitan pada komponen pengalaman metakognisi dan siswa dengan gaya belajar kinestetik mengalami kesulitan pada komponen pengetahuan metakognisi.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Rima Aksen Cahdriyana
Date Deposited: 22 Jan 2022 01:27
Last Modified: 22 Jan 2022 01:27
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/31829

Actions (login required)

View Item View Item