Pengembangan Modul Penyusunan Instrumen Pengukuran Hasil Belajar Matematika Berbantuan Software Microsoft Forms

Nurnugroho, Burhanudin Arif and Cahdriyana, Rima Aksen (2021) Pengembangan Modul Penyusunan Instrumen Pengukuran Hasil Belajar Matematika Berbantuan Software Microsoft Forms. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Peer Review Penulis Kedua] Text (Peer Review Penulis Kedua)
Peer Review - Cahdriyana - Modul Instrumen Pengukuran Hasil Belajar Matematika.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan modul penyusunan instrumen pengukuran hasil belajar matematika berbantuan software Microsoft Forms. Pengembangan modul ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran daring yang harus dilakukan dalam massa pandemi Covid-19 ini yang membuat guru juga harus melakukan evaluasi pembelajaran matematika secara daring. Kendala yang dirasakan oleh guru adalah menyusun instrumen pengukuran hasil belajar matematika secara daring. Untuk mengatasi kesulitan guru tersebut, maka diperlukan pengembangan modul yang dapat membantu guru dalam menyusun instrumen pengukuran hasil belajar matematika secara daring. Pada penelitian ini software yang digunakan dalam menyusun instrumen tersebut adalah Microsoft Forms yang dinilai lebih cocok untuk pembelajaran matematika karena mudah dalam menuliskan simbol-simbol matematika. Pengembangan modul ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan, dkk yang meliputi empat tahap, yaitu: define, design, develop, and disseminate. Namun, dalam penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap develop saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangakan sudah dikatakan valid oleh validator.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Rima Aksen Cahdriyana
Date Deposited: 22 Jan 2022 01:38
Last Modified: 22 Jan 2022 01:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/31830

Actions (login required)

View Item View Item