ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LOGIKA DAN HIMPUNAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENGUATKAN KARAKTER MAHASISWA

Cahdriyana, Rima Aksen and Priwantoro, Soffi Widyanesti (2020) ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LOGIKA DAN HIMPUNAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENGUATKAN KARAKTER MAHASISWA. In: Seminar Nasional Pendidikan dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) 2020, 19 Desember 2020, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang (online).

[thumbnail of Peer Review Penulis Pertama] Text (Peer Review Penulis Pertama)
Peer Review - Cahdriyana - Analisis kebutuhan logika himpunan karakter.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran di dalam kelas mencakup tiga esensi penting yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap/nilai-nilai. Muara dari transfer nilai-nilai adalah PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Salah satu penerapan transfer nilai-nilai dalam pembelajaran adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai yang ada dalam kearifan lokal setempat ke dalam bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan yang diperlukan oleh mahasiswa calon guru dalam menguatkan karakter siswa yang nantinya akan dihadapi sebagai acuan dalam mengembangkan bahan ajar logika dan himpunan berbasis etnomatematika dalam konteks Punokawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian survey pendidikan. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 56 mahasiswa semester 3 (tiga) di program studi pendidikan matematika. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan bagi mahasiswa yang terdiri atas 10 (sepuluh) pertanyaan. Pengolahan data dilakukan dengan mengumpulkan jawaban subjek dari pengisian angket melalui google form, menghitung persentase jawaban, menganalisa hasil persentase jawaban ya/tidak dengan data jawaban isian singkat/uraian, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 62,50% subjek belum mengetahui tentang konsep PPK dan 42,86% dari subjek merasa belum mempunyai bekal yang cukup untuk memberikan penguatan karakter bagi siswa nantinya, sehingga perlunya mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam bahan ajar, sedini mungkin yaitu pada mata kuliah yang dilaksanakan sejak semester 1 (satu), serta sebanyak 39,29% dari subjek belum dapat menyebutkan tokoh Punokawan; 41,07% dari subjek belum pernah membaca dan mempelajari cerita Punokawan; dan 46,43% dari subjek belum pernah melihat/menonton video/film tentang Punokawan, sehingga perlunya mengintegrasikan kisah/pesan bijak dari cerita pada budaya lokal ke dalam bahan ajar guna membekali mahasiswa dengan nilai-nilai dan berperan dalam melestarikan kebudayaan asli Indonesia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Rima Aksen Cahdriyana
Date Deposited: 22 Jan 2022 01:38
Last Modified: 22 Jan 2022 01:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/31831

Actions (login required)

View Item View Item