StrategiSekolahatauGuruDalamMenciptakanPembelajaran KreatifdanInovatifPadaMasaPandemi(PJJ)danPTM

Rahma Yuliati, Ayu Vernanda and Nurani, Arum Titi and Rifqoh, Sinta Amalia (2022) StrategiSekolahatauGuruDalamMenciptakanPembelajaran KreatifdanInovatifPadaMasaPandemi(PJJ)danPTM. Sinta Amalia Rifqoh.

[thumbnail of Jurnal Kelompok 7.pdf] Text
Jurnal Kelompok 7.pdf

Download (378kB)

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah pada masa pandemi Covid-19 mempunyai banyak permasalahan yang dihadapi. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia mengharuskan mengambil sikap dalam mencegah penularan yang lebih luas, termasuk sektor pendidikan. Pemerintah telah memberlakukan kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran jarak jauh ini menuntut kreativitas dan inovasi guru dan siswa dalam pemanfaatan teknologi. Guru dituntut mempunyai inovasi yang tinggi dalam membuat media pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan sehingga minar belajar siswa menjadi meningkat. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan sekolah atau guru dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif di masa pandemi Covid19 agar siswa dapat mengikutinya secara efektif dan efisien. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, survei, dan dokumentasi. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi COVID-19 membutuhkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif dari sekolah dan guru.

School or Teacher Strategies in Creating Creative and Innovative Learning During the Pandemic (PJJ) and PTM
The learning process in schools during the Covid-19 pandemic has many problems. The Covid-19 pandemic that has hit the world, including Indonesia, requires taking a stand in preventing wider transmission, including the education sector. The government has implemented a distance learning policy (PJJ). This distance learning demands creativity and innovation of teachers and students in the use of technology. Teachers are required to have high innovation in making learning media so that learning becomes more interesting and fun so that students' interest in learning increases. The purpose of writing this article is to find out the strategies used by schools or teachers in creating creative and innovative learning during the Covid19 pandemic so that students can follow them effectively and efficiently. Data was collected by means of interviews, observations,
surveys, and documentation. The results of this analysis show that distance learning (PJJ) during the COVID-19 pandemic requires

10.12928/fundadikdas.v4i1.xxxx jurnalfunda@gmail.com 1

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Sinta Amalia Rifqoh
Date Deposited: 24 Jan 2022 01:48
Last Modified: 24 Jan 2022 01:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/31896

Actions (login required)

View Item View Item