KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR PROGRAM PENDAMPINGAN LITERASI, NUMERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, DAN ADMINISTRASI DI SD N DUKUH 1 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE REGULER 87 DIVISI IV.A.3 TAHUN AJARAN 2021/2022

Rachmyanda, Salsabilla Isnaini (2021) KULIAH KERJA NYATA KAMPUS MENGAJAR PROGRAM PENDAMPINGAN LITERASI, NUMERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, DAN ADMINISTRASI DI SD N DUKUH 1 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE REGULER 87 DIVISI IV.A.3 TAHUN AJARAN 2021/2022. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of JUDUL_IV.A.3_REGULER 87.pdf] Text
JUDUL_IV.A.3_REGULER 87.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of ISI LAPORAN_IV.A.3_REGULER 87.pdf] Text
ISI LAPORAN_IV.A.3_REGULER 87.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi covid-19 ini menyebabkan adanya banyak perubahan pada system pembelajaran terutama untuk peserta didik. Maka dari itu pemerintah menerapkan beberapa kurikulum teraktual yang bertujuan untuk memudahkan peserta didik untuk mempermudah peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dan tidak mengurangi kompetensi dalam bercakap dan berhitung. Pemerintah membuat system pembelajaran dengan meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi yang memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan dikehidupan sehari-hari juga. Pemerintah juga menggunakan beberapa teknologi yang harus digunakan untuk melakukan pengajaran dengan tujuan agar peserta didik walaupun tidak memberlakukan pembelajaran luring peserta didik dapat memahami pembelajaran dengan system daring. Maka dari itu guru dan peserta didik di tuntut untuk melakukan adaptasi teknologi agar dapat menjalankan kegiatan belajar mengajar dengan lancar dan mudah.
Maka dari itu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan program Kampus Mengajar yang di damping oleh guru, kepala sekolah, dosen dan para ribuan mahasiswa lainnya, menurutnya dengan adanya program ini maka terdapat kesempatan untuk memberikan solusi atas persoalan pendidikan yang ada di Indonesia yang terdampak dari covid19 ini. Mulai dari kontribusi ilu pengetahuan, pengajar, media pembelajaran fasilitas, atau alat pembelajaran, sinyal internet, motivasi belajar siswa, dan peran orang tua. Para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini di tuntut untuk dapat membantu para guru dan peserta didik yang berada di pelosok desa untuk dapat meingkatkan lagi kualitas pendidikan tersebut dan juga turut serta untuk memberikan pengajaran literasi, numerasi dan memberikan pendampingan adaptasi teknologi. Dalam kegiatan ini para mahasiswa juga diawasi langsung oleh dosen yang ikut serta dalam kegiatan Kampus Mengajar ini agar dapat tetap terarah dan berjalan dengan lancar.
Kata Kunci : Covid-19, Literasi, Numerasi, Adaptasi, Teknologi

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Salsabilla Isnaini Rachmyanda
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:29
Last Modified: 25 Jan 2022 01:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/31910

Actions (login required)

View Item View Item