BOROBUDUR DALAM BUDAYA DIGITAL: MERANCANG PODCAST YOUTUBE UNTUK KOMUNIKASI ARKEOLOGI PUBLIK

Kasatriyanto, Bambang and Wibowo, Arif Ardy BOROBUDUR DALAM BUDAYA DIGITAL: MERANCANG PODCAST YOUTUBE UNTUK KOMUNIKASI ARKEOLOGI PUBLIK. Balai Konservasi Borobudur.

[thumbnail of HASIL CEK SIMILARITY] Text (HASIL CEK SIMILARITY)
Similarity_Borobudur.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pemanfaatan media sosial seperti Youtube perlu dimanfaatkan sebagai sarana pengkomunikasian arkeologi kepada publik. Melalui proses kreatif sebuah konten diskusi publik berwujud podcast mencoba menjadi salah satu media alternatif komunikasi yang bisa menjangkau khalayak ramai. Penelitian ini bertujuan untuk merancang podcact Youtube, yang disebut dengan “Busur”, sebagai media komunikasi dan informasi candi Borobudur kepada masyarakat luas. Data bersumber dari wawancaran dengan pengelola “Busur”, serta pengamatan pada waktu pengamatan busur. Proses produksi dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca Produksi. Hasil dari penelitian berupa sebuah model perancangan komunikasi Candi Borobudur berupa Podcast Youtube yang terdiri tiga tahapan. Pertama, pra produksi terdiri dari penentuan ide, penentuan narasumber, dan pembuatan naskah. Kedua, Produksi melakukan persiapan peralatan dan tempat. Tahap terkahira dalah Pasca produksi, yang merupaka editing akhir sebelum diunggah di kanal Youtube. Model yang dihasilkan dapat sebagai referensi publikasi cagar budaya di Indonesia.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi
Depositing User: Arif Ardy Wibowo
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:56
Last Modified: 25 Jan 2022 01:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/31925

Actions (login required)

View Item View Item