Pengembangan Flippbook Panduan Pembelajaran Daring Berbasis Multimedia untuk Pembelajaran Fisika SMP

Puspitasari, Ariati Dina (2021) Pengembangan Flippbook Panduan Pembelajaran Daring Berbasis Multimedia untuk Pembelajaran Fisika SMP. LPPM UAD. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Penelitian 2021_Ariati Dina_Fajar Fitri.pdf] Text
Laporan Penelitian 2021_Ariati Dina_Fajar Fitri.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 mempengaruhi seluruh aspek kehidupan tidak terkecuali aspek
Pendidikan. Pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka, tiba-tiba harus
dilakukan secara daring. Pembelajaran secara daring mengakibatkan kompetensi peserta
didik kurang diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji kelayakan
pengembangan flipbook modul pembelajaran fisika secara daring berbasis model POE
(Predict, Observe, Explain) berbantuan multimedia, (2) menganalisis pembelajaran fisika
secara online pada aplikasi edmodo dengan model pembelajaran POE ditinjau dari
pemahaman konsep peserta didik tentang energi. Metode penelitian yang digunakan yaitu
metode pengembangan dengan model ADDIE. Tahapan penelitian dimulai dengan
Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Analisis dilakukan untuk
mengetahui kebutuhan buku panduan seperti analisis materi, analisis silabus, analisis
multimedia. Tahap Design, dilakukan proses penggambaran isi dan tampilan buku panduan
dalam bentuk flipbook. Tahap selanjutnya adalah Development, yaitu mengembangkan
atau merealisasikan konsep yang telah disusun serta melakukan valiasi kelayakan produk
kepada ahli. Tahap Implementasi dari produk ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 7 Kota
Yogyakarta untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Tahap
Evaluasi dilakukan revisi produk berdasarkan masukan ahli dan dampak yang dihasilkan
pada proses implementasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa flipbook modul pembelajaran fisika secara daring
dinyatakan sangat layak dengan nilai 94,23%. Peningkatan pemahaman konsep peserta
didik berada pada kategori rendah. Hal tesebut merujuk pada nilai Gain N sebesar 0,282.
Berdasarkan penelitian pula, indikator ketercapaian kompetensi yang masih perlu
ditekankan atau mendapat perhatian lebih adalah pada menganalisis perubahan energi.
Guru dapat melakukan remidi atau penjelasan tambahan demi tercapainya kompetensi
pemahaman konsep yang lebih baik.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: M.Pd Puspitasari Ariati Dina
Date Deposited: 31 Jan 2022 01:10
Last Modified: 31 Jan 2022 01:10
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32059

Actions (login required)

View Item View Item