Migrasi dari Arsitektur Monolitik Server ke Micro Service untuk Meningkatkan Kinerja Aplikasi E-Rapor

Pujiyono, Wahyu and Tarmuji, Ali Migrasi dari Arsitektur Monolitik Server ke Micro Service untuk Meningkatkan Kinerja Aplikasi E-Rapor. [Artikel Dosen] (Unpublished)

[thumbnail of 20220108103259__3_Laporan_Akhir_Penelitian (per 30 jan 2022).pdf] Text
20220108103259__3_Laporan_Akhir_Penelitian (per 30 jan 2022).pdf

Download (2MB)

Abstract

Baik perusahaan berskala besar seperti Amazon sampai dengan UKM telah menggunakan arsitektur microservice untuk meningkatkan skalabilitasnya. Mereka juga mempertimbangkan pembiayaan untuk mengembangkan aplikasinya. Penelitian ini akan membahas proses migrasi aplikasi E-rapor dari arsitektur monolitik ke arsitektur microservice untuk meningkatkan kinerja melayani user lebih banyak dengan waktu lebih cepat dan mengurangi biaya sumber daya. Akan dihitung pula besarnya waktu proses migrasinya. Selain proses migrasi, penyesuaian kode dan peningkatan kinerja database juga dipertimbangkan.
Pada penelitian ini ditingkatkan pelayanan kepada pengguna dengan mengoptimalkan dari segi arsitektur software. Aplikasi dirombak arsitekturnya dari monolitik ke micro service dikarenakan ketika menggunakan arsitektur monolitik, skalabilitas hanya mengandalkan upgrade pada server yang besar dan tentunya membutuhkan biaya yang banyak dibandingkan micro service yang mengandalkan pengoptimalan dari sisi software dengan service worker mengacu pada pengelolaan server yang lebih baik.
Hasil pengujian stresstest dari arsitektur microservice mampu menangani 90 pengguna dalam satu waktu dibanding menggunakan arsitektur monilitik yang hanya 40 pengguna dalam satu waktu. Penelitian ini berada dalam tingkat ketersiapan teknologi level 7, demonstrasi prototipe sistem telah di uji coba di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: mr Ali Tarmuji
Date Deposited: 31 Jan 2022 01:43
Last Modified: 31 Jan 2022 01:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32066

Actions (login required)

View Item View Item