PEMBUATAN SISTEM E-KANTIN DI KANTIN SD AISYIYAH BERBASIS WEB

Aldiansyah, 1800018165 and Dzikri, 1800018171 and Mahendra, 1800018397 and Bethan, 1800018398 and Irawan, 1800018173 and Margiono, 1800018174 and Refaldirais, 1700018043 (2022) PEMBUATAN SISTEM E-KANTIN DI KANTIN SD AISYIYAH BERBASIS WEB. [Laporan MTP] (Submitted)

[thumbnail of MTP_JUDUL.pdf] Text
MTP_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of MTP_ISI_LAPORAN.pdf] Text
MTP_ISI_LAPORAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, E-money juga ikut berkembang. Telah banyak dijumpai media transaksi era modern saat ini yang berkecimpung didunia uang elektronik dan juga belanja online dengan menerapkan teknologi. Salah satunya adalah uang online berbasis online atau website. Dalam sebuah media yaitu berbentuk sistem transaksi tersebut. Dalam sistem tersebut semua pengguna baik user atau admin dapat masuk sistem dengan akses barcode card
yang telah disesuaikan dengan sistem tersebut Siswa dan guru bahkan staff di lingkungan SD Aisyiyah Metro tersebut, biasanya hanya bertransaksi dengan menggunakan uang tunai di kantin sekolah dan kesulitan dalam transaksi tersebut adalah karena kurangnya uang kembalian yang bahkan tidak bisa memberi kembalian yang disebabkan kurangnya mata uang kecil di dalam kas kantin, dikarenakan tidak adanya suatu sistem sebagai pendukung transaksi, yang tidak dimiliki oleh kantin SD Aisyiyah Metro. Berkaitan dengan hal tersebut kantin SD Aisyiyah Metro membuat Sistem Ekantin, adapun beberapa kekurangan. Seperti tidak dapat menerima kartu lain selain kartu yang sudah diberi barcode dan pelanggan yang dapat menggunakan hanya lingkungan sekolah saja. E kantin merupakan alat atau sistem yang digunakan untuk pembayaran dan juga sebagai alat penjualan dari kantin tersebut. Dengan adanya E-kantin segala bentuk transaksi akan lebih mudah dan efisien oleh karena itu untuk memperoleh pemahaman mengenai suatu masalah pada kasus tersebut. E-kantin didesain dan dibuat dengan mengacu pada manfaat dan juga kegunaanya. Maka dibutuhkan suatu sistem berbasis web yang dapat mendukung kegiatan transaksi. Berkaitan dengan hal tersebut, penulis mendapatkan tugas untuk melakukan pembuatan sistem E-kantin yang berada di SD Aisyiyah Metro. Berdasarkan uraian di atas semoga dapat membantu saya dan juga tim untuk lebih meningkatkan kemampuan dan keterampilan, sehingga nantinya ilmu yang kami pelajari dapat membantu dan bermanfaat bagi orang lain.

Item Type: Laporan MTP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: Aldiansyah Aldin
Date Deposited: 05 Feb 2022 01:25
Last Modified: 05 Feb 2022 01:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32083

Actions (login required)

View Item View Item