Tingkat Kreativitas Slow Learners dalam Memecahkan Masalah Matematika

Cahdriyana, Rima Aksen and Setyorini, Rahayu (2019) Tingkat Kreativitas Slow Learners dalam Memecahkan Masalah Matematika. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Peer Review Penulis Pertama] Text (Peer Review Penulis Pertama)
Peer Review - Cahdriyana - Kreativitas Masalah Slow Learner.pdf

Download (2MB)

Abstract

Heterogenitas siswa yang ada di Indonesia menjadi suatu tantangan bagi guru saat ini. Kreativitas bukan hanya diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan matematis yang tinggi, namun juga mulai diperkenalkan kepada siswa yang termasuk dalam kategori slow learner. Penelitian ini termasuk dalam penelitiandeskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kreativitas slow learners dalam memecahkan masalah matematika dan juga untuk mendeskripsikan langkah-langkah mengembangkan keterampilan berpikir kreatif bagi slow learners melalui literature review. Subjek penelitian berasal dari salah satu sekolah di Yogyakarta yang siswanya termasuk dalam kategori slow leaners. Subjek dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pemecahan masalah kepada seluruh subjek, kemudian mewawancarainya guna mengklarifikasi jawaban yang telah dituliskan. Analisis data dihentikan pada subjek yang ketiga karena data dari subjek ketiga telah jenuh, yaitu sudah tidak ada lagi perbedaan data dari subjek sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa slow learners tidak mampu menunjukkan ketiga indikator kreativitas dalam memecahkan masalah matematika (kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan), sehingga slow learners tergolong dalam kemampuan berpikir kreatif tingkat 0 atautermasuk dalam siswa tidak kreatif. Temuan lain menunjukkan bahwa satu subjek terindikasi mampu menunjukkan satu indikator kreativitas yaitu kefasihan, sehingga tergolong dalam kemampuan berpikir kreatif tingkat 1 (kurang kreatif).

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Rima Aksen Cahdriyana
Date Deposited: 05 Feb 2022 23:24
Last Modified: 05 Feb 2022 23:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32205

Actions (login required)

View Item View Item