ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LOGIKA DAN HIMPUNAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK PENGUATAN KARAKTER MAHASISWA

Cahdriyana, Rima Aksen (2020) ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LOGIKA DAN HIMPUNAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK PENGUATAN KARAKTER MAHASISWA. In: SEMINALOKA.

[thumbnail of Dokumen Prosiding Senandika.pdf] Text
Dokumen Prosiding Senandika.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran di dalam kelas mencakup tiga esensi penting yaitu pengetahuan, keterampilan, dan
sikap/nilai-nilai. Muara dari transfer nilai-nilai adalah PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Salah satu
penerapan transfer nilai-nilai dalam pembelajaran adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai yang ada
dalam kearifan lokal setempat ke dalam bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kebutuhan yang diperlukan oleh mahasiswa calon guru dalam menguatkan karakter siswa yang nantinya
akan dihadapi sebagai acuan dalam mengembangkan bahan ajar logika dan himpunan berbasis
etnomatematika dalam konteks Punokawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis
penelitian survey pendidikan. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 56 mahasiswa semester 3 (tiga) di
program studi pendidikan matematika. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan
bagi mahasiswa yang terdiri atas 10 (sepuluh) pertanyaan. Pengolahan data dilakukan dengan
mengumpulkan jawaban subjek dari pengisian angket melalui google form, menghitung persentase
jawaban, menganalisa hasil persentase jawaban ya/tidak dengan data jawaban isian singkat/uraian, dan
menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 62,50% subjek belum mengetahui
tentang konsep PPK dan 42,86% dari subjek merasa belum mempunyai bekal yang cukup untuk
memberikan penguatan karakter bagi siswa nantinya, sehingga perlunya mengintegrasikan pendidikan
karakter ke dalam bahan ajar, sedini mungkin yaitu pada mata kuliah yang dilaksanakan sejak semester 1
(satu), serta sebanyak 39,29% dari subjek belum dapat menyebutkan tokoh Punokawan; 41,07% dari
subjek belum pernah membaca dan mempelajari cerita Punokawan; dan 46,43% dari subjek belum pernah
melihat/menonton video/film tentang Punokawan, sehingga perlunya mengintegrasikan kisah/pesan bijak
dari cerita pada budaya lokal ke dalam bahan ajar guna membekali mahasiswa dengan nilai-nilai dan
berperan dalam melestarikan kebudayaan asli Indonesia.
Kata kunci: analisis; kebutuhan; logika; himpunan; karakter

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Rima Aksen Cahdriyana
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:55
Last Modified: 08 Feb 2022 04:55
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32236

Actions (login required)

View Item View Item