Koneksi Politik dan Kualitas Audit: Peran Moderasi dari Manajemen Laba

Vernando, Andreas and Ainy, Rintan Nuzul (2021) Koneksi Politik dan Kualitas Audit: Peran Moderasi dari Manajemen Laba. [Artikel Dosen]

[thumbnail of PEER REVIEW PENULIS PERTAMA] Text (PEER REVIEW PENULIS PERTAMA)
Peer Review - Vernando - Koneksi Politik Kualitas Audit Manajemen Laba Moderasi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang:
Hasil penelitian sebelumnya terkait hubungan antara koneksi politik dan kualitas audit masih inkonklusif. Penelitian sebelumnya telah menyediakan bukti empiris bahwa perusahaan yang terkoneksi politik berhubungan negatif terhadap kualitas audit (Habib et al., 2017a; Cheng et al., 2015), tetapi studi lainnya menemukan bahwa perusahaan yang terkoneksi politik berhubungan positif terhadap kualitas audit (Armadiyanti & Iswati, 2019; Guedhami et al., 2013; Harymawan & Nowland, 2016).

Tujuan:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji manajemen laba dalam memoderasi hubungan antara koneksi politik dan kualitas audit.

Metode Penelitian:
Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 895 observasi di seluruh perusahaan nonfinansial yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan menggunakan regresi logistik.

Hasil Penelitian:
Penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan positif antara koneksi politik dan kualitas audit. Hal ini mengindikasikan bahwa perusahaan yang terkoneksi politik memberikan sinyal positif kepada partisipan pasar bahwa perusahaan telah dikelola dengan lebih akuntabel dan transparan. Selain itu, hasil penelitian ini juga menemukan bahwa manajemen laba memoderasi hubungan koneksi politik dan kualitas audit. Ketika melakukan manajemen laba, perusahaan yang terkoneksi politik memilih auditor tidak berkualitas dalam rangka untuk menutupi praktik manajemen labanya tersebut.

Keterbatasan Penelitian:
Karena kesulitan untuk mengumpulkan data terkait variabel koneksi politik di laporan tahunan, penelitian ini hanya mampu melakukan observasi perusahaan nonfinansial selama 2017-2018.

Keaslian/Novetly Penelitian:
Penelitian ini memperluas penelitian Habib et al. (2017a) dengan menggunakan variabel manajemen laba sebagai faktor pemoderasi dan menggunakan perspektif yang berbeda dari penelitian Armadiyanti dan Iswati (2019) terkait koneksi politik diduga berhubungan positif terhadap kualitas audit.

Item Type: Artikel Dosen
Additional Information: Koneksi Politik, Kualitas Audit, Manajemen Laba, Moderasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Accounting (S1 Akuntansi)
Depositing User: Andreas Vernando
Date Deposited: 08 Feb 2022 05:47
Last Modified: 08 Feb 2022 05:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32243

Actions (login required)

View Item View Item