Urgensi Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi

Hartanto, Dody and Bhakti, Caraka Putra (2021) Urgensi Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Islami.

[thumbnail of Hasil Check-Hartanto Bhakti Kurniasih_Bimbingan dan Konseling Perguruan Tinggi Mahasiswa.pdf] Text
Hasil Check-Hartanto Bhakti Kurniasih_Bimbingan dan Konseling Perguruan Tinggi Mahasiswa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pentingnya bimbingan dan konseling di perguruan tinggi sebagai pusat bantuan mahasiswa. Mahasiswa sendiri merupakan seorang individu dengan permasalahan yang kompleks. Peralihan dari masa remaja ke masa dewasa awal sering kali menimbulkan problema yang sulit untuk diatasi oleh mahasiswa, terutama berkenaan dengan penyesuaian tugas-tugas baru pada fase perkembangannya. Permasalahan mahasiswa yang sering ditemui meliputi stress, kecemasan, gejala depresi, masalah makan, dan masalah psikologis lainnya, yang memiliki dampak negatif yang signifikan pada kinerja akademis dan kesehatan mental. Permasalahan-permasalahan tersebut jika tidak bisa ditangani dengan baik dapat mengakibatkan permasalahan yang lebih besar dan luas lagi, apalagi ditambah dengan adanya pandemi COVID-19 yang membawa berbagai perubahan dalam sistem perkuliahan maupun kehidupan secara umum. Oleh karena itu pusat bantuan mahasiswa di perguruan tinggi perlu diadakan, yang kemudian diistilahkan dengan bimbingan dan konseling perguruan tinggi. Tujuan dari bimbingan dan konseling perguruan tinggi sendiri adalah sebagai upaya perguruan tinggi memberikan bantuan terhadap permasalahan mahasiswa, terutama permasalahan yang tidak dapat ditangani oleh dirinya sendiri dan memerlukan bantuan profesional.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. Dody Hartanto
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:14
Last Modified: 10 Feb 2022 03:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32297

Actions (login required)

View Item View Item