Konseling Ringkas Berfokus Solusi Sebagai Alternatif Model Konseling Untuk Mereduksi Nomophobia di Era COVID 19

Hartanto, Dody (2020) Konseling Ringkas Berfokus Solusi Sebagai Alternatif Model Konseling Untuk Mereduksi Nomophobia di Era COVID 19. Prosiding Webinar Nasional Pendidikan, 1 (1). pp. 110-114. ISSN 978-602-50898-7-9

[thumbnail of Hasil Check-Nawangsari  Saputra Hartanto Nugraha_konseling individu pendekatan sfbcnomophobia.pdf] Text
Hasil Check-Nawangsari Saputra Hartanto Nugraha_konseling individu pendekatan sfbcnomophobia.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berbagai permasalahan di era Covid 19 salah satunya adalah nomophobia. Nomophobia merupakan ketergantungan terhadap smartphone dimana individu akan merasa cemas dan gelisah ketika smartphone mereka kehabisan batre, tidak ada sinyal, kehabisan pulsa atau tidak memegang smartphone sama sekali. Masalah ini mengkhawatirkan, maka diperlukan upaya untuk menurunkan kecenderunggan nomophobia di kalangan remaja pada masa pandemi ini. Upaya yang dilakukan untuk mengurangi nomophobia adalah melalui layanan konseling individu yang mengunakan pendekatan SFBC. Model pendekatan Solution-Focused Brief Counseling berfokus pada kelebihan daripada kelemahan, dengan mempersingkat waktu, penekanan konseling pada solusi, dan ketercapain tujuan. Diharapkan dengan menggunakan pendekatan ini individu mampu memiliki kompetensi dan berpotensi agar menjadi individu yang berkembang secara positif. SFBC merupakan strategi yang digunakan konseli untuk mengartikulasi dan bertindak berdasarkan cakupan solusi paling luas terhadap masalah klien.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-English Education (S1-Pendidikan Bahasa Inggris)
Depositing User: Dr. Dody Hartanto
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:25
Last Modified: 10 Feb 2022 03:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32314

Actions (login required)

View Item View Item