Modul Berpikir Damai (Media Konselor Mereduksi Prilaku Agresif Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19)

Hartanto, Dody (2020) Modul Berpikir Damai (Media Konselor Mereduksi Prilaku Agresif Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19). In: UNSPECIFIED.

[thumbnail of Hasil Check-Wijayanti Saputra Hartanto Nugraha- agresi modul kedamaian.pdf] Text
Hasil Check-Wijayanti Saputra Hartanto Nugraha- agresi modul kedamaian.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan remaja yang masih memiliki tingkat emosional yang tinggi dan meluapkan emsoi karena kekecewaan maupun kesenangan dalam hidupnya dengan melukai orang lain baik secara fisik maupun verbal. Kedamaian menjadi salah satu trobosan guna mereduksi perilaku agresif pada siswa, sebagai bahan ajar yang meng berorientasi pada kemandirian belajar siswa, modul dapat di gunakan sebagai media unutk memunculkan pikiran damai pada siswa. Modul yang berisi 7 komponen kedamaian yang terdiri dari (1) rendah hati terhadap idealisme; (2) kontrol diri terhadap persamaan; (3) toleransi terhadap perbedaan; (4) memaafkan kesalahan orang lain; (5) memilih kekuatan daripada kelemahan; (6) mengatur emosi saya; dan (7) mengatur perilaku saya, yang di harapkan dapat membantu siswa memahami diri sendiri dan siswa dapat mengelola esmoinya sendiri untuk tidak melakukan penyerangan atau menyakiti orang lain. Artikel ini bertujuan menampaikan gagasan mengenai mereduksi peilaku agresif dengan menggunakan modul berpikir damai. Metode literature riview digunakan dalam penelitian ini dan menggunakan berbagi literatur yang berasal dari buku dan jurnal cetak maupun tidak tercetak.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Dr. Dody Hartanto
Date Deposited: 11 Feb 2022 01:05
Last Modified: 11 Feb 2022 01:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32317

Actions (login required)

View Item View Item