Hasil peer review artikel dengan judul " Evaluasi Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Selama Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar"

Retnasari, Lisa and Hidayah, Yayuk and Ulfah, Nufikha and Siraten, Donita Gustika (2021) Hasil peer review artikel dengan judul " Evaluasi Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Selama Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar". Ibriez Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasisi Sains, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,IAIN Ponorogo.

[thumbnail of 1_Evaluasi Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Selama Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar.pdf] Text
1_Evaluasi Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Selama Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar.pdf

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar. Di SD Muhammadiyah Karangkajen terdapat program PPK berbasis satuan tugas (satgas) khusus PPK untuk membentuk leader school by student to student dalam mengimplementasikan dan memanifestasikan nilai-nilai karakter kedalam berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi dengan pendekatan kualitatif dan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini (1) tahapan konteks (context) visi dan misi, kebijakan sekolah, dan peluang yang dimanfaatkan sesuai antara yang dicanangkan oleh pemerintah dengan yang diimplementasikan; (2) tahapan masukan (input) program PPK selama pandemi berjalan dengan adanya koordinasi antara guru pendamping PPK, wali kelas, dan peserta didik. Sarana dan prasarana, pembiayaan dana, dan kondisi lingkungan sosial sekolah dan masyarakat sudah mendukung pelaksanaan program PPK; (3) tahapan proses (process) rincian pelaksanaan program PPK selama pandemi sesuai dengan realita di lapangan; (4) tahapan produk (product) peserta didik selama pandemi lebih ditonjolkan nilai religiusitas dan kemandirian.
Kata Kunci: Evaluasi, PPK, pandemi covid 19, sekolah dasar

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: M.Pd. Lisa Retnasari
Date Deposited: 12 Feb 2022 03:10
Last Modified: 12 Mar 2022 02:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32409

Actions (login required)

View Item View Item