nursahid, akhmad (2016) LAPORAN KKN ALTERNATIF UAD PERIODE LII UNIT II.A.2 MASJID AL-DZIKRO SUDIMORO, TIMBULHARJO, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA. TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Laporan KKN Alternatif UAD Periode LII.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (435kB) | Preview |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
|
Text
Lampiran 1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
BAB I
PENDAHULUAN
A. Deskripsi Wilayah
Desa Sudimoro terletak pada kelurahan Timbulharjo. Sudimoro terbagi menjadi 7 RT dengan jumlah penduduk sekitar 1523 jiwa. Sebelah utara desa Sudimoro adalah desa Gandok, sebelah selatannya desa Kepek, sebelah timurnya desa Bibis, sedangkan sebelah barat desa Sudimoro adalah desa Gobalan. Sebagian besar tanah yang ada di Sudimoro digunakan sebagai pemukiman, sebagian tanah yang lain digunakan untuk jalan, pemakaman umum, lahan usaha,dan pekarangan.
Di Desa Sudimoro terdapat 2 Musholla dan 2 Masjid. Salah satu Masjidnya sebagai lokasi KKN Alternatif yaitu Masjid Al-Dzikro. Masjid Al-Dzikro didirikan oleh PDHI Bantul pada tahun 1961. Masjid Al-Dzikro berwarna hijau terletak dipinggir jalan. Masjid Al-Dzikro menjadi pusat tempat kegiatan Islami untuk warga sudimoro seperti pengajian akbar, TPA dan kampung ramadhan. Takmir Masjid Al-Dzikro adalah Bapak Djuwaini.
B. Rencana Pembangunan Wilayah
1. Pembuatan jalan ke arah Sudimoro Kidul
2. Pembangunan Gapura
C. Permasalahan yang ditemukan dilokasi
1. Kurangnya antusias anak-anak untuk mengikuti TPA di Masjid Al Dzikro, padahal terdapat sekitar 90 anak-anak tetapi yang mengikuti TPA hanya sekitar 30 anak saja.Maka peran kami sebagai mahasiswa KKN adalah mengajak anak-anak agar mengikuti TPA dan setelah sholat maghrib kami selaku mahasiswa KKN mengajak anak-anak untuk mengaji dan hafalan surat pendek.
2. Banyaknya anak-anak maupun remaja yang sudah mempunyai gadget, sehingga mempengaruhi proses belajar mereka dan mereka enggan mengikuti TPA karena sudah asyik dengan gadgetnya tersebut. Maka kami sebagai mahasiswa KKN memberikan penyuluhan penggunaan sosial media agar mereka mengerti mengenai efek positif dan negatif menggunakan gadget. Agar mereka dapat memanfaatkan gadget dan sosial media dengan baik.
3. Tidak adanya papan nama tokoh masyarakat sehingga menyulitkan orang-orang yang mencari tokoh masyarakat di Sudimoro. Dan di Masjid Al-Dzikro juga belum terdapat arah tempat wudhu. Kami peran kami sebagai mahasiswa KKN adalah membuatkan papan nama tokoh masyarakat dan papan penunjuk arah tempat wudhu.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisi / Prodi: | Lembaga Pengbdian pada Masyarakat |
Depositing User: | Unnamed user with email sahid18711@gmail.com |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 03:39 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:39 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/3248 |
Actions (login required)
View Item |