Plagiarisme HASIL CEK_EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SAAT PANDEMI

Oktaviani, Millennia Eka and Fauziah, Afrida Rahma and Nur, Tya Fitria and Muyana, Siti (2021) Plagiarisme HASIL CEK_EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SAAT PANDEMI. In: Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Islami, 2021, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of 28. HASIL CEK_EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SAAT PANDEMI.pdf] Text
28. HASIL CEK_EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SAAT PANDEMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fenomena akhir akhir ini pada saat pandemic COVID-19 yang sering terjadi pada siswa merupakan Kejenuhan belajar. Kejenuhan belajar merupakan suatu kondisi mental individu ketika mendapati kebosanan dan penat yang luar biasa sehingga menyebabkan munculnya rasa enggan, letih, kurang
bersemangat saat melakukan kegiatan belajar. Kejenuhan belajar sangat berdampak sekali terhadap hasil belajar dan prestasi akademik siswa. Salah satu usaha konselor adalah menerapkan pendekatan behavioral khususnya menggunakan Teknik relaksasi guna menekan kejenuhan belajar peserta
didik. Dengan adanya layanan Konseling Kelompok menggunakan teknik relaksasi dapat menurunkan kejenuhan belajar siswa selama pandemic COVID-19. Karena di saat pandemic COVID-19 ini banyak siswa yang mengeluh merasakan kejenuhan belajar,seperti tugas yang banyak,waktu
pengumpulan tugas yang saling berdekatan,dan juga ketika akan UAS tugas semakin banyak dan menumpuk hal tersebut membuat siswa merasakan kejenuhan belajar. Di tambah juga dengan kondisi belajar di rumah membuat siswa semakin merasa jenuh. Dengan adanya konseling kelompok
ini bertujuan agar dapat menggabungkan dan memililih siswa yang mempunyai permasalahan yang sama kemudian di kumpulkan dan di laksanakan melalui virtual gmeet yang di pandu oleh konselor. Sehingga dapat mengentaskan permasalahan siswa.Nantinya konselor akan berdiskusi dengan siswa mengenai kejenuhan belajar ini. Dan siswa menjadi peran utama yang aktif dalam layanan konseling kelompok ini.
Siswa akan memberikan argument,tanggapan dan solusi untuk kejenuhan belajar ini. Kemudian konselor barulah merangkum dan menyimpulkan dari argument yang telah di sampaikan oleh siswa dengan menerapkan pendekatan behavioral teknik relaksasi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: M.Pd. Siti Muyana
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:43
Last Modified: 14 Feb 2022 03:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32547

Actions (login required)

View Item View Item