Sistem Keamanan Sepeda Motor (SIKESEM) Menggunakan Kamera dan GPS Berbasis Internet of Things

Setiawan, Vicky Fajar and Ma'arif, Alfian (2022) Sistem Keamanan Sepeda Motor (SIKESEM) Menggunakan Kamera dan GPS Berbasis Internet of Things. [Artikel Dosen]

[img] Text
Sistem Keamanan Sepeda Motor (SIKESEM) Menggunakan Kamera dan GPS Berbasis Internet of Things.pdf

Download (784kB)

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara dengan penggunaan transportasi yang umum digunakan adalah transportasi darat, khususnya kendaraan roda dua atau sepeda motor. Tingginya tingkat penjualan tersebut tidak didukung dengan pertumbuhan ekonomi yang signifikan sehingga banyak pengangguran yang menyebabkan kriminalitas khususnya pencurian sepeda motor. Berdasarkan data statistik kriminal yang diterbitkan oleh badan pusat statistik terjadi 8.423 kejadian pencurian dengan kekerasan. Tercatat data sebanyak 90.757 kejadian kejahatan terhadap hak milik atau barang tanpa kekerasan selama 2018. Oleh karena itu penelitian ini mengusulkan tentang sistem keamanan sepeda motor menggunakan kamera dan GPS berbasis Internet of Things. Adanya internet of things pada sistem keamanan sepeda motor tidak membutuhkan perantara komunikasi antar manusia dengan manusia ataupun manusia dengan komputer. Telegram adalah salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk media pengontrol ataupun pemantau sistem keamanan sepeda motor berbasis internet of things. Proses pengontrolan dilakukan dengan relai dua channel. Proses pemantauan dilakukan dengan sensor GPS dan kamera webcam. Gambar dengan hasil terbaik didapatkan ketika kamera webcam berada di bawah pepohonan. Komponen Relai memiliki tingkat keberhasilan 100% untuk mengontrol klakson dan kelistrikan. GPS memiliki akurasi tinggi dengan kekurangan lama membaca lokasi ketika pertama kali. Sistem keamanan sepeda motor dapat menerima, memproses, dan mengirimkan dari perintah yang diberikan bot telegram apabila terkoneksi dengan jaringan internet.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: M.Eng. Alfian Ma'arif
Date Deposited: 15 Feb 2022 01:28
Last Modified: 15 Feb 2022 01:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32561

Actions (login required)

View Item View Item