Rev Jurnal JKBK_Pengaruh Attachment dan Harga Diri Terhadap Regulasi Emosi Siswa

Muarifah, Alif and Muyana, Siti and Saputra, Wahyu Nanda Eka and Mohamad, Zhooriyati Sehu (2020) Rev Jurnal JKBK_Pengaruh Attachment dan Harga Diri Terhadap Regulasi Emosi Siswa. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 5 (1). ISSN 2503-3417 (online)

[thumbnail of 24. Jurnal JKBK_Pengaruh Attachment dan Harga Diri Terhadap Regulasi Emosi Siswa.pdf] Text
24. Jurnal JKBK_Pengaruh Attachment dan Harga Diri Terhadap Regulasi Emosi Siswa.pdf

Download (887kB)

Abstract

Regulasi emosi menjadi unsur penting bagi siswa untuk menunjang perkembangannya
secara optimal. Akan tetapi, ada berbagai macam masalah terkait rendahnya tingkat regulasi emosi
siswa, misalnya siswa menunjukkan berbagai tindakan kekerasan bahkan perilaku agresi. Beberapa
variabel yang berpengaruh terhadap regulasi emosi adalah attachment dan harga diri siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh attachment, harga diri dengan regulasi emosi siswa.
Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 150 siswa yang dipilih secara acak. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara attachment dan harga diri dengan regulasi emosi.
Attachment dan harga diri memengaruhi kemampuan regulasi emosi siswa sebesar 76,3% dan sisanya
23,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan
bagi konselor sekolah dalam memberikan layanan yang tepat bagi siswa untuk meningkatkan regulasi
emosi siswa dengan melibatkan variabel attachment dan harga diri siswa.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: M.Pd. Siti Muyana
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:17
Last Modified: 17 Feb 2022 03:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32620

Actions (login required)

View Item View Item