Laporan PPM Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dan Media Presentasi bagi Guru di BKS Umbulharjo

Prahara, Adhi (2021) Laporan PPM Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dan Media Presentasi bagi Guru di BKS Umbulharjo. LPPM UAD. (Unpublished)

[thumbnail of 2021 PPM Reguler Adhi Prahara Revisi.pdf] Text
2021 PPM Reguler Adhi Prahara Revisi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Program ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan skema reguler di bidang ilmu teknik informatika. Pengabdian ini bekerjasama dengan BKS Umbulharjo, Yogyakarta dan dilaksanakan di Laboratorium Teknik Informatika, UAD. Bermula dari kebijakan pemerintah melalui Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa pandemi virus Corona mengharuskan proses belajar dilakukan dari rumah secara daring. Terutama bagi daerah yang masih berada pada status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4. Kondisi tersebut berdampak pada sekolah terutama guru di BKS Umbulharjo yang diwajibkan untuk menguasai teknologi agar dapat menyelenggarakan pembelajaran secara daring. BKS Umbulharjo merupakan wadah dari SD/MI Muhammadiyah/Aisyiyah di wilayah Umbulharjo. BKS Umbulharjo mempunyai program kerja untuk mengembangkan, meningkatkan dan menciptakan daya saing civitas sehingga tercipta pengajar yang unggul disertai pemanfaatan teknologi untuk peningkatan kualitas publikasi dan dokumentasi dalam menunjang pembelajaran.
Di BKS Umbulharjo, permasalahan yang terjadi adalah sebagian besar guru belum optimal dalam memanfaatkan teknologi seperti media pembelajaran dan media presentasi untuk membantu kegiatan belajar mengajar. Saat ini guru masih menggunakan media pembelajaran konvensional seperti buku cetak dan alat-alat fisik penunjang pembelajaran lainnya. Pembelajaran konvensional tersebut mempunyai keterbatasan yaitu kurang efektif apabila digunakan untuk skenario pembelajaran secara daring sehingga membuat pengalaman belajar siswa menjadi berkurang. Selain itu untuk proses pembelajaran daring, setiap guru harus membuat media untuk presentasi materinya. Selama ini sudah menggunakan Powerpoint tetapi masih biasa dan kurang informatif dan menarik sehingga perlu ditingkatkan keterampilan dalam memaksimalkan fitur dari Powerpoint. Oleh karena itu, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar serta meningkatkan keterampilan guru di BKS Umbulharjo dalam memanfaatkan teknologi.
PPM ini dimulai bulan Maret dan pelatihannya dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus dan 1 September 2021 secara luring di Laboratorium Teknik Informatika dan tanggal 2 dan 3 September 2021 secara daring. Pelatihan dilakukan oleh 3 dosen sebagai pemateri dan 4 orang mahasiswa Teknik Informatika sebagai asisten pemateri dan pelatihan. Metode yang digunakan dalam PPM ini: 1) Persiapan sebelum pelatihan digunakan untuk mengidentifikasi materi yang dibutuhkan oleh guru di BKS Umbulharjo dan membuat modul pelatihannya. 2) Pemaparan pengetahuan digunakan untuk menjelaskan tentang media pembelajaran, media presentasi, teknologinya, dan jenis-jenisnya. 3) Pelatihan dilaksanakan untuk menambah keterampilan guru dalam membuat membuat media pembelajaran dan media presentasi yang informatif dan menarik. 4) Pendampingan dilaksanakan untuk mendampingi peserta setelah pelatihan. 5) Evaluasi digunakan untuk mengetahui kemampuan peserta dalam membuat media pembelajaran dan media presentasi serta melakukan perbaikan bagi PPM berikutnya.
Hasil dari kegiatan PPM ini adalah guru di BKS Umbulharjo mampu memanfaatkan teknologi dalam membuat media pembelajaran dan media presentasi yang informatif dan menarik sehingga meningkat pengetahuan dan keterampilannya. Luaran yang telah dihasilkan yaitu modul pelatihan pembuatan media pembelajaran dan media presentasi, artikel ilmiah yang diseminarkan pada Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat - UAD, artikel yang diterbitkan di media massa, dokumentasi video kegiatan dan kegiatan peningkatan keberdayaan Mitra.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: Adhi Prahara
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:53
Last Modified: 21 Feb 2022 02:53
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32786

Actions (login required)

View Item View Item