Prosiding LPPM UAD_Efektifitas Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Di Saat Pandemi

Oktaviani, Millennia Eka and Fauziah, Afrida Rahma and Nur, Tya Fitria and Muyana, Siti Prosiding LPPM UAD_Efektifitas Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Di Saat Pandemi. EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGIKEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SAAT PANDEMI.

[thumbnail of 28. Prosiding UAD EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SAAT PANDEMI.pdf] Text
28. Prosiding UAD EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DI SAAT PANDEMI.pdf

Download (241kB)

Abstract

Fenomena akhir akhir ini pada saat pandemic COVID-19 yang sering terjadi
pada siswa merupakan Kejenuhan belajar. Kejenuhan belajar merupakan
suatu kondisi mental individu ketika mendapati kebosanan dan penat yang
luar biasa sehingga menyebabkan munculnya rasa enggan, letih, kurang
bersemangat saat melakukan kegiatan belajar. Kejenuhan belajar sangat
berdampak sekali terhadap hasil belajar dan prestasi akademik siswa. Salah
satu usaha konselor adalah menerapkan pendekatan behavioral khususnya
menggunakan Teknik relaksasi guna menekan kejenuhan belajar peserta
didik. Dengan adanya layanan Konseling Kelompok menggunakan teknik
relaksasi dapat menurunkan kejenuhan belajar siswa selama pandemic
COVID-19. Karena di saat pandemic COVID-19 ini banyak siswa yang
mengeluh merasakan kejenuhan belajar,seperti tugas yang banyak,waktu
pengumpulan tugas yang saling berdekatan,dan juga ketika akan UAS tugas
semakin banyak dan menumpuk hal tersebut membuat siswa merasakan
kejenuhan belajar. Di tambah juga dengan kondisi belajar di rumah
membuat siswa semakin merasa jenuh. Dengan adanya konseling kelompok
ini bertujuan agar dapat menggabungkan dan memililih siswa yang
mempunyai permasalahan yang sama kemudian di kumpulkan dan di
laksanakan melalui virtual gmeet yang di pandu oleh konselor. Sehingga
dapat mengentaskan permasalahan siswa.Nantinya konselor akan
berdiskusi dengan siswa mengenai kejenuhan belajar ini. Dan siswa
menjadi peran utama yang aktif dalam layanan konseling kelompok ini.
Siswa akan memberikan argument,tanggapan dan solusi untuk kejenuhan
belajar ini. Kemudian konselor barulah merangkum dan menyimpulkan dari
argument yang telah di sampaikan oleh siswa dengan menerapkan
pendekatan behavioral teknik relaksasi.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M.Pd. Siti Muyana
Date Deposited: 21 Feb 2022 15:44
Last Modified: 21 Feb 2022 15:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32840

Actions (login required)

View Item View Item