Putriyani, Khusnul (2021) KULIAH KERJA NYATA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 PENDAMPINGAN LITERASI, ADAPTASI TEKNOLOGI, ADMINISTRASI DI SMP NEGERI 4 GAMPING SLEMAN Periode 87 Divisi 1.A.I Tahun Akademik 2020/2021. [Laporan KKN] (Unpublished)
Text
Judul_1.A.I_KKN KAMPUS MENGAJARR.pdf Download (310kB) |
|
Text
ISI LAPORAN KKN_KKN KM 2 I.A.1_REGULER 87.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program dari Kampus Merdeka yang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program ini merupakan program yang ditujukan untuk mahasiswa dari seluruh universitas di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Program Kampus Mengajar menjadi wadah bagi mahasiswa untuk secara langsung berpartisipasi memajukan pendidikan di Indonesia terutama dalam aspek literasi, numerasi, teknologi, dan administrasi.
Pada program Kampus Mengajar 2, sekolah yang menjadi tempat penempatan bagi mahasiswa terdiri dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Salah satu SMP yang menjadi sekolah penempatan mahasiswa adalah SMP N 4 Gamping. SMP N 4 Gamping terletak di Jl. Kresna, Kalimanjung, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tim saya yang beranggotakan Yuwono Nur Utama, Andini Yulinda, Dini Eka Wijayanti, Khusnul Putriyani, Jiddyah Nur Izzati, Intan Pratidina Purnamasari, serta Fathia Azzahra berkesempatan untuk mengabdi di SMP N 4 Gamping. Selain itu, kami juga berkesemapatan untuk melaksanakan perluasan program Kampus Mengajar di SMP N 2 Gamping.
Sebelum dapat terjun dan berpartisipasi langsung di sekolah penempatan, mahasiswa mendapatkan pembekalan yang memuat materi-materi yang kami butuhkan untuk menjankan program Kampus Mengajar di sekolah penempatan. Materi yang disampaikan antara lain mengenai konsep pembelajaran jarak jauh, prinsip asesmen, penguatan numerasi, dan strategi kreatif belajar luring dan daring. Setelah selama 7 hari mendapat pembekalan, mahasiswa diterjunkan ke sekolah penempatan dan mulai melakukan observasi serta asesmen awal untuk siswa untuk kemudian dijadikan acuan pembuatan rencana program. Rencana program yang dibuat mencakup aspek pembelajaran, aspek adaptasi teknologi, aspek administrasi, serta aspek lain yang
dirasa penting.
Dengan adanya rencana program, mahasiswa memiliki acuan dalam melaksanakan program Kampus Mengajar di SMP N 4 Gamping dan perluasan program di SMP N 2 Gamping. Sebagian besar program yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik. Selain itu, kami juga melaksanakan program-program lain menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan sekolah. Program yang dilaksanakan oleh mahasiswa antara pelatihan Google Workspace, pelatihan Ms. Office (power point), pendistribusian buku paket, pembuatan soal literasi dan numerasi untuk siswa, pendistribusian buku paket, pembuatan video pendidikan karakter, pembuatan mading
sekolah, pembuatan dan pemasangan poster 5M di lingkungan sekolah, membantu guru mengajar di kelas, membantu guru membuat media pembelajaran, membantu guru membuat Google Form untuk PTS dan PAS, membantu guru dalam mengolah nilai PTS dan PAS, pembuatan video prakarya untuk siswa, melakukan screening kondisi siswa terkait pelaksanaan, belajar dari rumah (BDR), membantu persiapan ANBK, pembuatan video senam, pembuatan video selamat ulang tahun untuk sekolah, penugasan literasi pembuatan puisi, pembuatan video profil sekolah SMP N 4 Gamping, pendampingan siswa membuat mading, pembuatan dan pemasangan poster persiapan PTM, pembuatan infografis literasi, pembuatan infografis numerasi, membantu pelaksanaan workshop peningkatan keprofesian berkelanjutan pelatihan penulisan soal literasi numerasi, pembuatan web sekolah, membantu pelaksanaan vaksinasi di SMP N 4 Gamping, persiapan digitalisasi perpustakaan melalui barcode, membantu persiapan PTM, serta pelaksanaan sosialisas i PISA 2022 di SMP N 2 Gamping, dan workshop aplikasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Assessmenpedia. Program yang telah dilaksanakan tersebut mungkin belum sepenuhnya mengatasi masalah yang ada di sekolah. Akan tetapi, program tersebut telah berdampak bagi kemajuan sekolah di berbagai aspek.
Item Type: | Laporan KKN |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisi / Prodi: | Lembaga Pengbdian pada Masyarakat |
Depositing User: | Khusnul Putriyani |
Date Deposited: | 12 May 2022 01:39 |
Last Modified: | 12 May 2022 01:45 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32843 |
Actions (login required)
View Item |