Pengaruh Faktor Pengetahuan dan Kepedulian Lingkungan Terhadap Intensi Pembelian Green Product

Astuti, Reni Dwi and Jatiningrum, Wandhansari Sekar (2021) Pengaruh Faktor Pengetahuan dan Kepedulian Lingkungan Terhadap Intensi Pembelian Green Product. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. (Unpublished)

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu yang menjadi target dalam Milenium Development Goals adalah kelestarian lingkungan. Isu lingkungan memang menarik untuk diangkat, seiring dengan makin rusaknya alam yang ditandai dengan banyak hal seperti pemanasan global yang berdampak pada kesehatan manusia. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi dampak lebih lanjut dari kerusakan lingkungan adalah dengan mengonsumsi green product, seperti pembalut wanita ramah lingkungan. Volume limbah pembalut wanita sekali pakai ini sangat banyak, sehingga berpotensi mencemari lingkungan. Di antara pengguna pembalut wanita adalah kalangan generasi milenial. Walaupun kampanye green product massif dilakukan, tetapi kecenderungan memilih green product masih rendah. Akibatnya permasalahan lingkungan masih terus terjadi. Permasalahan lingkungan ini juga dialami oleh Kota Yogyakarta dan sekitarnya, karena padatnya penduduk dengan sekitar 31,9% di antaranya merupakan generasi milenial. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk pengaruh faktor sikap, norma subyektif, perceived behavioral control, pengetahuan terhadap lingkungan, dan kepedulian lingkungan terhadap niat pembelian pembalut ramah lingkungan. Obyek dalam penelitian adalah kalangan milenial dari Kota Yogyakarta dan sekitarnya, yaitu mereka yang lahir pada rentang 1980-2000. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 200 orang yang diambil dari perwakilan semua kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan structural equation modelling dan diolah dengan bantuan AMOS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya faktor perceived behavioral control yang berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian pembalut ramah linggungan, Skema penelitian merupakan Penelitian Dasar dengan TKT 3. Adapun luaran wajib dari penelitian ini adalah hak cipta.
Kata kunci: green product, pembalut, pengetahuan lingkungan, kepedulian lingkungan

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: S.T.,M.T. Reni Dwi Astuti
Date Deposited: 21 Feb 2022 15:51
Last Modified: 21 Feb 2022 15:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/32851

Actions (login required)

View Item View Item