Pengembangan Modul Peer-Asissted Learning Program (PALP) untuk Mahasiswa Semester Dua (Peer Review)

Widiarti, Tri Rini and Hidayati, Ratri Nur and khafidhoh, khafidhoh (2015) Pengembangan Modul Peer-Asissted Learning Program (PALP) untuk Mahasiswa Semester Dua (Peer Review). Universitas Ahmad Dahlan. (Unpublished)

[thumbnail of Peer Review_Widiarti_Laporan Penelitian Pengembangan Modul PALP.pdf] Text
Peer Review_Widiarti_Laporan Penelitian Pengembangan Modul PALP.pdf

Download (59kB)

Abstract

Program Peer-Asissted Learning Program (PALP) merupakan salah satu program Pendidikan Bahasa Inggris dalam memfasilitasi mahasiswa mempelajari Bahasa Inggris, baik secara materi maupun pengelolaan kelas/ kelompok. Belum adanya materi/ modul yang secara komprehensif menjadi salah satu dasar penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan modul Peer-Asissted Learning Program (PALP) untuk mahasiswa semester 2 PBI UAD.
Penelitian ini dikategorikan kedalam penelitian dan pengembangan.Ada beberapa langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini, yaitu melakukan analisis kebutuhan, memformulasikan desain pembelajaran, mendesain materi pembelajaran, menyusun materi pembelajaran, memvalidasi materi pembelajaran, merevisi materi pembelajaran, mengaplikasikan materi pembelajaran, dan mengevaluasi penggunaan materi pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan wawancara dan angket. Panduan wawancara digunakan saat melakukan analisis kebutuhan, sedangkan angket digunakan saat validasi materi pembelajaran dan evaluasi penggunaan materi pembelajaran. Ada dua tipe data yang akan didapat dari penelitian ini, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif akan dianalisis secara deskriptif, sedangkan data kuantitatif akan dianalisis menggunakan skala Likert dan prosentase kriteria keterpakaian. Materi pembelajaran akan dibuat dan direvisi berdasarkan data yang akan diperoleh.
Luaran yang diharapkan dari penelitian ini berupa prosiding, jurnal dan modul.

Kata kunci: Materi, Pembelajaran, Peer-Asissted Learning Program

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-English Education (S1-Pendidikan Bahasa Inggris)
Depositing User: Tri Rini Widiarti
Date Deposited: 02 Mar 2022 02:40
Last Modified: 02 Mar 2022 02:40
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/33079

Actions (login required)

View Item View Item