Inovasi pengolahan kerupuk lidah buaya (Aloe vera) di Desa Wareng, Kabupaten Gunungkidul

Rahmadhia, Safinta and Akbar, Son Ali and Yudhana, Anton (2020) Inovasi pengolahan kerupuk lidah buaya (Aloe vera) di Desa Wareng, Kabupaten Gunungkidul. In: Inovasi pengolahan kerupuk lidah buaya (Aloe vera) di Desa Wareng, Kabupaten Gunungkidul. Universitas Ahmad Dahlan, pp. 807-812.

[thumbnail of Rahmadhia Akbar Yudhana - Inovasi pangan Kerupuk Lidah Buaya.pdf] Text
Rahmadhia Akbar Yudhana - Inovasi pangan Kerupuk Lidah Buaya.pdf

Download (250kB)

Abstract

Sebagian besar warga Desa Wareng memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya untuk bercocok tanam. Tanaman yang ditanam oleh warga beraneka ragam khususnya tanaman pangan berupa buah dan sayur. Jenis tanaman yang ditanam warga diantaranya tomat, cabai, terong, bayam, lidah buaya, daun bawang, jeruk, sawo, dan lain-lain. Selain tanaman buah dan sayur, warga Desa Wareng juga menanam rempah-rempah seperti jahe merah, kunyit, kencur, dan lain-lain. Warga Desa Wareng memanfaatkan hasil panen mereka untuk dikonsumsi sendiri dan dijual ke masyarakat. Namun pada saat panen raya harga komoditas akan menurun sehingga kebanyakan warga merugi. Salah satu hasil panen warga yang melimpah yaitu lidah buaya. Berdasarkan permasalahan warga Desa Wareng, Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) ini memberikan solusi berupa inovasi pengolahan bahan pangan terutama lidah buaya untuk meningkatkan nilai ekonomisnya. Lidah buaya akan diolah menjadi produk pangan yaitu kerupuk. Pemilihan kerupuk sebagai inovasi olahan pangan berbasis lidah buaya dikarenakan kerupuk merupakan produk dengan kadar air rendah sehingga memiliki umur simpan yang lama. Selain itu kerupuk juga banyak digemari oleh warga Indonesia dan mudah dalam pembuatannya. Kerupuk dengan bahan lidah buaya memiliki keunggulan dibandingkan kerupuk biasa karena lidah buaya mengandung senyawa antioksidan dan antimikrobia. Dampak dari PPM ini adalah warga Desa Wareng dapat menambah inovasi produk dari hasil kebunnya serta dapat meningkatkan nilai perekonomiannya.

Item Type: Book Section
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: S.Si.,M.Sc Safinta Rahmadhia
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:28
Last Modified: 04 Mar 2022 02:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/33099

Actions (login required)

View Item View Item