Pelatihan pembuatan olahan kulit pepaya di Padukuhan Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul

Rahmadhia, Safinta and Khairi, Amalya Nurul and Juwitaningtyas, Titisari (2019) Pelatihan pembuatan olahan kulit pepaya di Padukuhan Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. In: Pelatihan pembuatan olahan kulit pepaya di Padukuhan Padokan Lor, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. Universitas Ahmad Dahlan, pp. 97-102.

[thumbnail of Rahmadhia Khairi Juwitaningtyas - Limbah Kulit Pepaya Produk Pangan.pdf] Text
Rahmadhia Khairi Juwitaningtyas - Limbah Kulit Pepaya Produk Pangan.pdf

Download (209kB)

Abstract

Pengolahan buah pepaya di Padukuhan Padokan Lor, Tirtonirmolo menjadi geplak pepaya menghasilkan limbah berupa kulit buah pepaya. Kulit pepaya yang dihasilkan selama pemanfaatan buah pepaya menjadi geplak selama ini hanya dibuang begitu saja. Pada program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membuat olahan kulit pepaya menjadi produk pangan dan memberikan pelatihan mengenai kemasan pangan. Metode yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan ini yaitu penyuluhan atau penyampaian materi dan praktik langsung oleh masyarakat. Kegiatan pertama yaitu penyampaian materi mengenai manfaat pepaya kemudian dilanjutkan dengan pembuatan olahan kulit pepaya. Kulit pepaya yang sudah bersih akan dicincang dan dimasukkan ke dalam adonan cheese stick yang kemudian akan digoreng. Olahan kulit pepaya ini diberi nama Papa Stick. Kegiatan kedua berupa pelatihan pengemasan produk pangan dan simulasi pengemasan Papa Stick. Setelah adanya pelatihan ini, masyarakat Padukuhan Padokan Lor dapat mengolah limbah pepaya menjadi produk yang memiliki nilai jual serta produktivitasnya meningkat.

Item Type: Book Section
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: S.Si.,M.Sc Safinta Rahmadhia
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:30
Last Modified: 04 Mar 2022 02:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/33101

Actions (login required)

View Item View Item