Pemanfaatan ampas jamu menjadi kue kering di kelompok wanita tani, Desa Wareng, Gunungkidul

Rahmadhia, Safinta Nurindra and Rosyady, Phisca Aditya and Febrianti, Novi (2021) Pemanfaatan ampas jamu menjadi kue kering di kelompok wanita tani, Desa Wareng, Gunungkidul. In: Pemanfaatan ampas jamu menjadi kue kering di kelompok wanita tani, Desa Wareng, Gunungkidul. Universitas Ahmad Dahlan, pp. 353-357.

[thumbnail of Rahmadhia Rosyady Febrianti - Ampas jamu Inovasi pangan Jahe Kue kering.pdf] Text
Rahmadhia Rosyady Febrianti - Ampas jamu Inovasi pangan Jahe Kue kering.pdf

Download (287kB)

Abstract

Warga desa Wareng memiliki kebun yang ditanami tanaman empon-empon dan diolah menjadi jamu. Salah satu jamu yang diproduksi adalah minuman jahe wangi. Minuman jahe wangi dibuat dari jahe yang dihaluskan dan diseduh menggunakan air. Ampas dari pembuatan serbuh jahe hanya digunakan sebagai pakan ternak saja. Pemanfaatan ampas jahe oleh warga selama ini belum maksimal. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan ampas jahe sehingga terbentuk zero waste industry. Tim program pengabdian kepada masyarakat akan memberikan pelatihan mengenai pengolahan ampas jahe menjadi kue kering guna tercapainya tujuan dari kegiatan ini. Pelatihan dilakukan secara luring di salah satu rumah warga. Tim memberikan materi mengenai proses pembuatan kue kering dari ampas jahe, kemudian warga mempraktikannya. Pengolahan menjadi kue kering dipilih karena kue kering memiliki kadar air yang rendah sehingga umur simpannya akan lebih lama. Selain itu kue kering disukai oleh seluruh kalangan masyarakat dari berbagai usia. Hasil dari pelatihan ini yaitu terbentuknya satu inovasi olahan pangan baru dengan memanfaatkan limbah industri dan dapat meningkatkan kreativitas warga. Dampak dari program pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dapat memanfaatkan limbah berupa ampas
jahe menjadi produk pangan yang bernilai ekonomis, menciptakan sistem zero waste industry, dan meningkatkan kreativitas warga.

Item Type: Book Section
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: S.Si.,M.Sc Safinta Rahmadhia
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:31
Last Modified: 04 Mar 2022 02:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/33102

Actions (login required)

View Item View Item