Program peningkatan kemandirian warga Singkar 1 Wareng Gunungkidul berbasis sistem pengairan terpadu

Yudhana, Anton and Akbar, Son Ali and Rahmadhia, Safinta Nurindra (2020) Program peningkatan kemandirian warga Singkar 1 Wareng Gunungkidul berbasis sistem pengairan terpadu. In: Program peningkatan kemandirian warga Singkar 1 Wareng Gunungkidul berbasis sistem pengairan terpadu. Universitas Ahmad Dahlan, pp. 389-394.

[thumbnail of Yudhana Akbar Rahmadhia Yudianto Prawoto - Pompa air DC Pengairan Terpadu Budidaya Tanaman.pdf] Text
Yudhana Akbar Rahmadhia Yudianto Prawoto - Pompa air DC Pengairan Terpadu Budidaya Tanaman.pdf

Download (219kB)

Abstract

Dusun Singkar 1 merupakan daerah pegunungan yang sering mengalami kekurangan air bersih serta belum ada teknologi terintegrasi dalam pemberdayaan pengairan secara efisien dan terpadu. Ketika musim kemarau warga harus membeli air di Pengelola Air Minum Desa (PAMDES) untuk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lainnya seperti menyirami tanaman.
Kondisi geografis yang bergantung pada perubahan musim menjadi kendala dalam ketersediaan sarana pengairan, namun demikian Dusun Singkar 1 Wareng memiliki potensi agar dapat dikembangkan kedepanya seperti lahan yang luas dan eberapa sumur terbengkalai untuk budidaya tanaman. Sistem pengairan terpadu bekerja dengan mengalirkan air dari sumur warga menggunakan pompa air DC berbasis panel surya (solar cell) untuk mengairi lahan yang belum dimanfaatkan oleh warga secara optimal. Sistem ini mampu meningkatkan kemandirian warga dalam pembudidayaan tanaman karena warga dapat menggunakan air tanpa harus membeli dari PAMDES.

Item Type: Book Section
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: S.Si.,M.Sc Safinta Rahmadhia
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:35
Last Modified: 04 Mar 2022 02:35
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/33104

Actions (login required)

View Item View Item