Persepsi Masyarakat terhadap Kandungan Alkohol Pada Kosmetik

Nurkhasanah, Nurkhasanah and Khairi, Amalya Nurul and Albab, Farah Qisth (2021) Persepsi Masyarakat terhadap Kandungan Alkohol Pada Kosmetik. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Hasil Cek] Text (Hasil Cek)
Hasil Cek - Nurkhasanah Khairi Albad - Alkohol Halal Kosmetik.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Peer Review Penulis Kedua] Text (Peer Review Penulis Kedua)
Peer Review - Khairi - Alkohol halal kosmetik.pdf

Download (723kB)

Abstract

Persepsi merupakan tanggapan individu mengenai suatu hal yang dapat dipengaruhi oleh pengetahuan. Pengetahuan individu yang baik mengenai alkohol akan mempengaruhi persepsinya terhadap produk-produk yang mengandung alkohol. Fatwa MUI membolehkan penggunaan pengunaan alkohol pada kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kandungan alkohol pada kosmetik. Teknik observasional survey menggunakan kuesioner dengan teknik sampling non probability berupa accidental sampling digunakan dalam penelitian. Analisis hasil kuesioner dilakukan menggunakan uji pearson correlation, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji chi square, dan deskripsi. Pada penelitian ini menggunakan 98 responden dan mendapatkan nilai rata-rata pengetahuan mengenai kosmetik 6,73 dengan nilai SD 0,49; pengetahuan alkohol 4,54 dengan SD 1,17 dan perilaku 7,10 dengan nilai SD 1,46. Terdapat hubungan usia dengan tingkat pengetahuan kosmetik dengan nilai p-value <0,05. Sebanyak 46,94% merasa urgensi label halal pada kosmetik sangat penting dan 39,80% penting, dimana agama yang dimiliki individu mempengaruhi tingkat urgensi halal kosmetik. Urgensi label halal pada kosmetik yang tinggi sejalan dengan perilaku saat membeli kosmetik, 81,63% responden merasa bahwa adanya label halal pada produk kosmetik mempengaruhi minat membeli kosmetik. Sejumlah 61,24% responden memiliki persepsi bahwa kosmetik halal tidak mengandung alkohol. Hal ini dipertegas dengan uji pearson correlation label halal didapat nilai p-value 0,024 bahwa label halal mempengaruhi persepsi responden. Individu memiliki persepsi kosmetik berlabel halal tidak mengandung alkohol yang dipengaruhi oleh pengetahuan label halal.

Item Type: Artikel Dosen
Additional Information: alkohol; halal; kosmetik
Subjects: Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: M.Sc Amalya Khairi
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:56
Last Modified: 16 Apr 2022 01:57
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/33189

Actions (login required)

View Item View Item