ANALISIS PROSES BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR ACAK KONKRET DAN ACAK ABSTRAK

Rosmayanthi, Devin and Ratnaningsih, Nani and Supratman, Supratman (2021) ANALISIS PROSES BERPIKIR LATERAL PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR ACAK KONKRET DAN ACAK ABSTRAK. AdMathEdu, 11 (2). pp. 103-120. ISSN 2088-687X

[thumbnail of Artikel Jurnal] Archive (Artikel Jurnal)
21989 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (31kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir lateral peserta didik dalam menyelesaikan soal open ended ditinjau dari gaya berpikir acak konkret dan gaya berpikir acak abstrak. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal open ended, angket gaya berpikir Gregorc dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari empat orang peserta didik dari kelas XI SMK Karya Nasional Sindangkasih Ciamis dengan dua subjek gaya berpikir Acak Konkret (AK) dan dua subjek gaya berpikir Acak Abstrak (AA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses berpikir peserta didik dengan gaya berpikir Acak Konkret (AK) memenuhi semua aspek berpikir lateral. 2) Proses berpikir peserta didik dengan gaya berpikir Acak Abstrak (AA) memenuhi semua aspek berpikir lateral.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: Syariful Fahmi
Date Deposited: 07 Mar 2022 03:40
Last Modified: 07 Mar 2022 03:40
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/33191

Actions (login required)

View Item View Item